alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Aris Situmorang Bantah Tuduhan Jual Bantuan Alsintan

Fitra Budin
Aris Situmorang Bantah Tuduhan Jual Bantuan Alsintan
Anggota DPRD Luwu Timur dari Fraksi Gerindra, Aris Situmorang membantah tuduhan telah menjual Alsintan. Foto: SINDOnews/Fitra Budin

LUWU TIMUR - Anggota DPRD Luwu Timur dari Fraksi Gerindra, Aris Situmorang membantah tuduhan, bahwa dia telah melakukan pemindahan dan penjualan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) jenis John Deere untuk kelompok tani di wilayah tersebut.

Bantahan itu disampaikan Aris saat melakukan jumpa pers di ruang kerjanya, Rabu (17/7/2019).

"Namun nanti kita akan buktikan dalam proses hukum. Dan isu adanya pemindahan, tidak ada pemindahan sama sekali, bisa dicek, mulai tahun 2017 sampai hari ini (Alsintan) masih ada di tempatnya dan dikelolah oleh kelompok taninya," ujar Aris.



Aris juga membantah jika pemanggilan dirinya oleh Kejaksaan, hanya untuk kepentingan memberikan keterangan. Bukan pemeriksaan.

"Saya dipanggil dalam tahap permintaan keterangan, beda permintaan keterangan itu, dan bedah pemeriksaan," sambung Aris.

Sebelumnya, Aris Situmorang dituding memperjualbelikan bantuan untuk kelompok tani di wilayahnya. Bantuan berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang sudah diserahkan ke kelompok tani, ditarik kembali, lalu dijual.

Alsintan jenis John Deere itu merupakan bantuan hibah Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2017 lalu. Bantuan ini diperuntukan untuk kelompok Sukar Sari II, desa Margomulyo, kecamatan Tomoni Timur, kabupaten Luwu Timur.

Menurut pengakuan salah seorang ketua kelompok tani yang sudah menerima bantuan tersebut, Aris Situmorang yang merupakan Wakil ketua II DPRD Luwu Timur, menarik bantuan itu. Kemudian menjualnya ke Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), I Wayan Silayasa senilai Rp100 juta.

Di sisi lain, Aris juga mengaku dirugikan terhadap sejumlah pemberitaan yang dianggap memojokkan dirinya.

"Kami juga dari partai Gerindra, karena ini mengurangi nama baik partai kami dan pribadi saya dan garis besar partai kami, kami juga akan melakukan langka - langka Hukum, terkait hal tersebut. Apabila ini tidak terbukti maka kami akan menuntut balik, karena telah merugikan nama partai kami," kata Aris menegaskan.

Terakhir, Aris menegaskan bahwa alat tersebut adalah bukti nyata perjuangan Gerindra.

"Maka itu mejadi perintah dari ketua umum kami. Untuk memperjuangkan petani, dan itu sebagaimana diperintahkan dari partai kami. Mengenai penjualan itu, insyallah tidak ada dan itu nantinya akan diselesaikan proses hukumnya," kunci Aris.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif