alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pembebasan Lahan Bendungan Jenelata Ditarget Rampung Akhir Tahun

Herni Amir
Pembebasan Lahan Bendungan Jenelata Ditarget Rampung Akhir Tahun
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Ia menargetkan pembebasan lahan untuk Bendungan Jenelata bisa rampung akhir tahun ini. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, menargetkan pembebasan lahan Bendung Jenelata selesai di akhir tahun ini.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, proses pembebasan lahan memang terus digenjot sehingga pembangunan Bendungan Jenelata dapat segera dilakukan.

"Saat ini kami sedang proses mendata jumlah penduduk yang berada di kawasan rencana pembangunan Bendungan Jenelata," katanya, Rabu (17/7/2019).



Adnan berharap warga tak menjual lahannya selain kepada pemerintah. Harga lahan akan dihargai wajar. Apalagi, pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp460 miliar untuk anggaran pembebasan lahan lokasi pembangunan bendungan ini.

Diketahui sebanyak 8 desa yang tersebar didua kecamatan di Kabupaten Gowa siap ditenggelamkan untuk kepentingan pembagunan Bendungan Jenelata.

Adapun kedelapan desa tersebut untuk kecamatan Bungayya masing-masinh Desa Bissoloro, Desa Bontomanai, Desa Pangngempang dan Desa Ranaloe. Kemudian Kecamatan Manuju yakni Desa Tanah karaeng, Desa Moncongloe, Desa Pattallikang, dan Desa Bilalang.

Adapun total Perkiraan kebutuhan luas lahan memcapai
1.702,81 ha yang akan dimanfaatkan untuk lahan konstruksi 70,83 ha, untuk quarry/akses dll 199,80 ha, fasilitas umum 2,23 ha, kebutuhan lahan untuk genangan 1.220,60 ha, dan kebutuhan lahan untuk greenbelt, 209,35 ha.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan, Suparji, menambahkan, untuk saat ini pembangunan Bendungan Jenelata masih dalam proses desain yang dikerjakan oleh pusat.

"Lelang belum, masih dalam tahap desain itupun dikerjakan sama pusat," bebernya.

Sekedar diketahui, bendungan Jenelata nantinya digunakan ntuk pengendalian banjir Sungai Jenelata 1.800,46 m3/detik menjadi 792,20 m3/detik. Sebagai pembangkit listrik tenaga air sebesar 0,40 megawatt. Penyediaan air baku total 7,80 ,3/detik serta, mampu menyediakan air irigasi seluas 23.690 ha.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads