Tak Hanya Gigi, Lidah pun Penting Dibersihkan. Cek Manfaatnya!

Kamis, 14 Mei 2020 - 21:30 WIB
loading...
Tak Hanya Gigi, Lidah pun Penting Dibersihkan. Cek Manfaatnya!
Tidak hanya saat puasa, menyikat area sekitar lidah harus terus diperhatikan dan menjadi rutinitas sehari-hari. Foto/Ilustrasi/Affiliateddentists.com
A A A
JAKARTA - Pada saat puasa , risiko kontaminasi kuman penyebab infeksi tenggorok maupun daerah mulut menjadi lebih tinggi karena berkurangnya produksi air liur yang berperan sebagai antiseptik alami dalam mulut.

Dengan berkurangnya produksi air liur, mulut menjadi lebih kering sehingga kuman semakin gampang berkembang biak sehingga risiko infeksi meningkat. Gangguan infeksi ini dapat menyebabkan bau mulut, sariawan, sakit tenggorok, bahkan mengalami influenza saat puasa. Pastikan Anda rutin sikat gigi dan berkumur dengan cairan antiseptik untuk mencegah hal tersebut. ( )

Salah satu hal penting lain adalah dengan membersihkan lidah pada saat Anda menyikat gigi. Tidak hanya saat puasa, menyikat area sekitar lidah harus terus diperhatikan dan menjadi rutinitas sehari-hari.

Berikut adalah manfaat menyikat lidah seperti dilansir laman Times of India.

1. Cegah Kerusakan Gigi dan Mulut
Menyikat gigi dapat membersihkan partikel makanan, namun Anda perlu waspada bakteri yang menetap pada lidah. Maka Anda disarankan untuk membersihkan lidah sama frekuensinya dengan membersihkan gigi.

2. Memperbaiki Penampilan Lidah
Membersihkan lidah secara rutin dapat membantu menghilangkan bakteri dan kulit mati di lidah. Pastikan Anda tidak menggosoknya terlalu keras karena bisa melukai lidah.

3. Meningkatkan Indera Perasa
Menggosok lidah dengan tepat dapat membantu organ tersebut bekerja lebih baik dalam membedakan rasa. ( )

4. Mengurangi Bau Mulut
Menyikat gigi dua kali setelah berbuka dan sahur belum tentu menghilangkan bau mulut. Anda harus memastikan bahwa lidah Anda bersih. Maka jangan lewatkan untuk membersihkan lidah saat sikat gigi.

5. Memperbaiki Pencernaan
Membersihkan lidah bisa menghilangkan bakteri yang dapat menghambat proses pencernaan karena proses menggosok lidah bisa menghasilkan banyak air liur yang membantu pemecahan makanan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)