alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terungkap! Kekayaan Bos Narkoba Sidrap Capai Belasan Miliar

Faisal Mustafa
Terungkap! Kekayaan Bos Narkoba Sidrap Capai Belasan Miliar
Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Bahagia Dachi saat melihat hasil TPPU tindak pidana pencucian uang (TPPU) bandar besar narkoba bernama Agus Sulo. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Kekayaan dan aset bos narkoba asal Kabupaten Sidrap, Agus Sulo ditemukan bernilai fantastis. Badan Narkotika Nasional (BNN) dibantu BNNP dan Polda mengungkap nilainya mencapai angka Rp16 miliar lebih.

"Awal pengungkapan itu setelah kita menelusuri kasus tangkapan narkoba 10kg tapi hukumannya hanya 8 bulan, kita mulai curiga ada apa? Dari situ ditelusuri bekerjasama dengan OJK, bank, PPATK, dan segala macam. Kemudian kita temukan ternyata jaringannya dari Kalimantan Utara ke daerah Sidrap. Asal barangnya dari Malaysia," ungkap Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Bahagia Dachi.

Dia mengatakan kekayaan dan aset senilai Rp16 miliar, diantaranya berupa satu bidang tanah senilai Rp2 miliar, pabrik rak telur senilai Rp3 miliar, belasan bidang tanah dengan harga ratusan juta, 8 unit mobil mewah serta uang tunai Rp2,041 miliar.



"Ini kita ungkap semua sekaligus sita itu dua minggu tidak cukup sebulan ada uang cash, beberapa kendaraan, ada bangunan, tanah, mesin padi totalnya hampir 16 Milyar, kita sita di Sidrap saja loh, belum di tempat lain," jelasnya.

Atas temuan itu, Bahagia menegaskan bakal menelusuri keterlibatan pihak lain yang turut menikmati hasil kejahatan narkoba jenis sabu ini.

"Tetap kita buru (yang ikut menikmati) TPPU itu ada namnya layering, nah layering itulah aliran aset tersangka ke beberapa tempat. Nah itu indikasi nya mereka-mereka pelaku tindak pidana pencucian uang, oh iya (termasuk keluarga)," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook