alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Besok, KPU Palopo Akan Sahkan Hasil Pemilihan Legislatif

Chaeruddin
Besok, KPU Palopo Akan Sahkan Hasil Pemilihan Legislatif
KPU Palopo akan menetapkan hasil pemilihan legislatif yang digelar 17 April lalu. Foto: Ilustrasi

PALOPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo, kembali mengagendakan pleno penetapan hasil pemilihan anggota legislatif (Pileg) Kota Palopo Jumat, (19/7/2019) setelah sempat ditunda beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Palopo, Abbas Johan mengatakan, penetapan dan pengumuman berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2019 terkait penetapan caleg terpilih dan PKPU nomor 14 tahun 2019 terkait rahapan program dan jadwal.

"KPU Kota Palopo menjadwalkan pleno penetapan caleg terpilih, Jumat besok, 19 Juli 2019, pukul 15.30 WITA," ujarnya, Kamis, (18/7/2019).



Dijelaskan jadwal penetapan sebenarnya diberikan waktu lima hari setelah menerima surat atau perintah dari KPU RI.

"Kamis surat KPU RI kami terima, aturannya lima hari setelah itu KPUD diberi waktu untuk menetapkan dan mengumumkan hasil pemilihan anggota legislatif; atau paling lambat hari Senin untuk Kota Palopo," ujarnya.

Abbas mengatakan, rapat pleno penetapan itu dilakukan setelah pihaknya menerima surat dari KPU RI nomor 1026/2019.

"Kamis telah kami terima surat dari KPU RI. Walaupun batas akhir melakukan penetapan maksimal 5 hari ke depan, namun kita melakukan secepatnya besok, karena kita juga memperhitungkan jadwal persiapan pelantikan anggota DPRD yang terpilih," tambahnya.

Sebelum penetapan dilakukan, KPU terlebih dahulu melakukan simulasi penetapan kursi dengan sistem perhitungan sainte langue.

Terkait agenda ini, KPU Palopo mengatakan, telah menyampaikan kepada seluruh parpol peserta pemilu dalam bentu surat undangan serta sejumlah pihak terkait.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook