alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Asman Minta Program Inovasi di Enrekang Tak Hanya Sebatas Wacana

Aris Bafauzi
Asman Minta Program Inovasi di Enrekang Tak Hanya Sebatas Wacana
Wakil Bupati Enrekang Asman saat hadir di acara Bursa Inovasi untuk Regional Kecamatan Enrekang dan Anggeraja di Resting House Kotu, Anggeraja Kamis (18/7/2019). Foto: Sindonews/Aris Bafauzi

ENREKANG - Wakil Bupati Enrekang Asman berharap, agar program inovasi yang dicanangkan oleh sejumlah pemerintah desa tidak hanya sekedar wacana belaka.

Hal itu ia sampaikan saat hadiri pada acara Bursa Inovasi untuk Regional Kecamatan Enrekang dan Anggeraja di Resting House Kotu, Anggeraja Kamis (18/7/2019).

Asman meminta acara Bursa inovatif bukan hanya sekedar wacana namun bagaimana mulai memperkenalkan inovasi desa yang bertujuan untuk membangun desa dan mensejahterakan masyarakatnya.



"Ini tentunya acara yang luar biasa, jangan hanya sekedar menjadi wacana. Tapi bagaimana sepulang dari sini, tiap kepala desa mulai memikirkan apa yang bisa dilakukan dalam mendorong pembangunan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di desa tersebut," ujar Asman.

Selain itu, Asman juga berharap digelarnya program yang berinisiatif memberdayakan masyarakat. Juga sebagai wadah dalam penyelesaian masalah yang muncul di tengah masyarakat, serta juga menjadi wadah atau ruang konsultasi desa dalam pelaksanaan dukungan penyediaan peningkatan kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Dari regional kecamatan Enrekang dan Anggeraja ada tiga desa yang memaparkan kelebihan atau inovasi dari desa mereka. Seperti Desa Bamba Puang Kecamatan Anggeraja yang membuat Kotak Zakat Infak Sedekah (ZIS) di mana kotak tersebut disimpan ditiap-tiap rumah warga. Uang receh atau uang kembalikan disarankan dimasukkan kedalaman kotak tersebut.

Hasil tabungan dari kotak tersebut dikumpulkan untuk dipakai sebagai biaya dalam membantu kegiatan sosial di masyarakat. Termasuk hasil dari kerjasama masyarakat atau gotong royong dalam suatu pekerjaan. Yang hasilnya untuk membeli ambulans desa.

Dan juga Desa Pekalongan Kecamatan Anggeraja yang memperkenalkan pengolahan bawang merah menjadi bawang goreng yang sesuai standar Nasional. Serta Desa Cemba kecamatan Enrekang yang produk unggulannya sistem pelayanan publik berbasis online. Yang di Sulawesi Selatan menjadi desa pertama, dan kedua di Indonesia.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif