alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Turun Kelas, RSUD Sultan Daeng Radja Terancam Perampingan SDM

Eky Hendrawan
Turun Kelas, RSUD Sultan Daeng Radja Terancam Perampingan SDM
Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Daeng Radja terancam perampingan SDM. Foto: Istimewa

BULUKUMBA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Daeng Radja Bulukumba dinyatakan turun kelas dari tipe B menjadi tipe C sejak 16 Juni 2019 lalu. Kondisi ini diyakini akan memberikan dampak besar terhadap pengurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah ada.

Perampingan SDM dimungkinkan terjadi dilingkungan rumah sakit, pasalnya penurunan status rumah sakit akan berdampak pada pendapatan rumah sakit yang juga ikut menurun. Hal itu juga dikuatkan dengan petunjuk Permenkes Nomor 56 Tahun 2014 pasal 33 dan pasal 44 tentang jumlah kebutuhan SDM pada klasifikasi tipe rumah sakit.

Humas RSUD Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah yang dikonfirmasi tidak menampik jika penurunan kelas golongan rumah sakit milik pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba, memberikan dampak pada pengurangan SDM.



"Ya itu mungkin saja karena pendapatan rumah sakit juga akan menurun dari sebelumnya. Tidak ada anggaran besar untuk membayar jasa mereka," katanya saat ditemui di RSUD Bulukumba, Kamis, (18/07/2019).

Gumala mengatakan, jika pihaknya masih memiliki waktu 28 hari atau hingga 13 Agustus 2019 mendatang untuk melakukan perbaikan dan melengkapi apa yang menjadi kekurangan dari hasil review Kemenkes. Selain SDM, yang menjadi kendala yakni sarana dan prasarana rumah sakit.

"Kita masih ada waktu hingga 28 hari untuk melakukan perbaikan lagi. Jadi kita fokus membenahi ini agar status rumah sakit dikembalikan ke golongan sebelumnya," ungkapnya.

Di poin sarana dan prasarana, Gumala mengaku jika hanya terkendala pada proses pengimputan daftar inventaris alat kesehatan. Dimana seluruh inventaris belum dimasukan secara keseluruhan, sehingga pihaknya akan melakukan penginputan sebagai syarat pengembalian status golongan rumah sakit.

"Kalau inventaris seperti alat kesehatan (alkes) memang belum semua kita input jadi itu menjadi kendala. Tapi kita akan rampungkan itu karena itu juga sebagai syarat juga," ungkapnya.

Diketahui untuk tenaga medis di RSUD Bulukumba mencapai 1.100 orang lebih SDM dari beberapa bidang pegawai yang terdiri dari, tenaga dokter, perawat, dan manajemen yang terdiri dari administrasi dan pelayanan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads