alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dapat Akreditasi C, RSUD Syekh Yusuf Akan Ajukan Nota Keberatan

Herni Amir
Dapat Akreditasi C, RSUD Syekh Yusuf Akan Ajukan Nota Keberatan
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf. Pihak manajemen akan mengajukan nota keberatan setelah turun kelas dari Akreditasi B menjadi C. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf, akan mengajukan nota keberatan pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atas penurunan akreditasi dari B ke C pada rumah sakit tersebut.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Syekh Yusuf dr Salahuddin mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan sejumlah bukti-bukti yang akan dijadikan sebagai nota keberatan atas turunnya akreditasi rumah sakit yang dipimpinnya itu.

"Kami akan mengumpulkan semua rata-rata termasuk bukti-bukti yang ada di rumah sakit sebelum memasukkan nota keberatan ke Kemenkes," katanya kepada media, Kamis (18/7/2019).



Menurut Salahuddin, dia menduga salah satu penyebab penurunan kelas karena adanya informasi atau laporan yang tidak utuh ke pusat dalam hal ini ke Kemenkes. Baik itu terkait sarana dan prasarana maupun terkait dengan penilaian untuk penentuan tipe sebuah rumah sakit.

Salahuddin mengaku kaget saat mengetahui turunnya akreditasi RSUD Syekh Yusuf. Terlebih rumah sakit tersebut yang dalam proses penambahan prasarana dan sarana seperti pembangunan gedung baru menjadi 7 lantai.

Dia bahkan menganggap bahwa saat ini RSUD sudah memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pembangunan gedung RSUD Syekh Yusuf diperkirakan menelan anggaran Rp89 miliar. Rp39 miliar untuk penyelesaian hingga lantai 5, Rp Rp20 miliar digunakan untuk penyelesaian lantai 6 dan lantai 7. Sedang Rp30 miliar lainnya untuk melengkapi sarana dan prasarana.

Saat ini pembangunan sudah dilakukan sampai lantai 5. Renovasi baru yang dilakukan itu mengambil lahan seluas 1.900 meter persegi.

Selain itu, pelayanan RSUD juga akan terintegrasi dengan layanan puskesmas yang menjadi puskesmas perawatan. Tahun ini 26 puskesmas sudah menerima pasien rawat inap.

Diketahui, tidak hanya RSUD Syekh Yusuf yang dinyatakan turun akreditasi. Sejumlah rumah sakit di Sulawesi Selatan juga mengalami nasib yang sama.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook