alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Berdayakan Kaum Perempuan, DP3A Lutra Gelar Pelatihan

Fitra Budin
Berdayakan Kaum Perempuan, DP3A Lutra Gelar Pelatihan
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), menggelar Pelatihan Keterampilan bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Foto: Istimewa

LUWU UTARA - Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), menggelar Pelatihan Keterampilan bagi Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA), Kamis (18/7/2019), di Rumah Cokelat Challodo, Masamba.

Pelatihan yang diikuti 20 perempuan kepala keluarga di Luwu Utara ini dilaksanakan selama 3 hari, 18–20 Juli 2019, dan dibuka oleh Penjabat Sekda Tafsil Saleh.

Sekda Tafsil Saleh mengatakan, menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini mengharuskan hadirnya masyarakat, khususnya kaum perempuan yang tangguh untuk mengatasi segala permasalahan ekonomi, sosial dan hukum. Untuk itu, kata Tafsil, dibutuhkan sebuah terobosan guna mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi perempuan untuk maju dan mandiri.



“Pemerintah telah mendesain sebuah sistem dan strategi yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh kaum perempuan. Salah satunya melalui pelatihan keterampilan khusus bagi Perempuan Kepala Keluarga,” kata Tafsil.

Lanjut ia mengatakan, permasalahan PEKKA yang tidak terselesaikan, bisa merugikan kaum perempuan yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan keahlian khusus.

“Mengingat pentingnya permasalahan perempuan kepala keluarga untuk dicarikan solusi, maka sangat diperlukan upaya untuk menyatukan kekuatan para perempuan kepala keluarga di Luwu Utara agar mereka memiliki keterampilan dalam upaya menopang kehidupan keluarganya,” jelas Tafsil.

Masih harap Tafsil, pelatihan ini tidak boleh berhenti, tetapi harus terus dilanjutkan, sehingga memiliki hasil ekonomi yang baik dalam keluarga mereka.

Sementara Kepala DP3A, Nurhusnah, menyebutkan, pelatihan ini bertujuan melatih kaum perempuan kepala keluarga agar memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan aktifitas serta mampu memberi kontribusi ekonomi terhadap keluarga.

“Ini sekaligus menjawab problematika kaum perempuan dalam mewujudkan kualitas hidup dan menata kehidupan mereka melalui program yang menyentuh langsung kaum perempuan,” tandasnya.

Narasumber dari kegiatan pelatihan ini adalah Kepala DP3A Nurhusnah, serta Pimpinan Rumah Cokelat Challodo Masamba Baharuddin. 20 perempuan kepala keluarga yang hadir sebagai peserta berasal dari 9 desa/kelurahan di Kabupaten Luwu Utara, yaitu desa Lantang Tallang, desa Masamba, kelurahan Kappuna, desa Pincara, desa Karondang, desa Bantimurung, desa Malimbu, serta desa Salama.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads