Bantaeng Bakal Punya Kebun Wisata Buah, Dijaga dan Dikelola Warga

Jum'at, 01 Januari 2021 - 13:36 WIB
loading...
Bantaeng Bakal Punya Kebun Wisata Buah, Dijaga dan Dikelola Warga
Bupati Bantaeng Ilham Azikin menyerahkan bibit buah di Dusun Panjang, Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu, Jumat (1/1/2021). Foto: Istimewa
A A A
BANTAENG - Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng merancang Kebun Wisata Buah yang berlokasi di Dusun Panjang, Desa Labbo, Kecamatan Tompobulu. Sebanyak 200 bibit tanaman buah bakal ditanam di lahan sejuk seluas tiga hektare tersebut.

Bantuan bibit yang akan ditanam itu diserahkan langsung oleh Bupati Bantaeng Ilham Azikin kepada kelompok tani di Dusun Panjang, Desa Labbo, Jumat (1/1/2021).

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng , Mahyuddin mengatakan, 200 bibit yang ditanam ini akan dijaga dan dikelola oleh masyarakat setempat. Meski demikian, Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng akan tetap memberikan pendampingan hingga lahan tersebut siap untuk dijadikan objek wisata.

"Pengelolaannya juga nanti akan dilakukan oleh masyarakat sekitar. Kita hanya membantu bibit dan melakukan pendampingan," jelasnya.



Dia menambahkan, bibit tanaman buah yang diserahkan adalah bibit berkualitas dan terdiri atas berbagai jenis buah. "Mulai dari alpukat, lengkeng dan rambutan. Ada juga buah jeruk dokupan. Ini buah jeruk yang terbaik," kata Mahyuddin.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng yang terus melakukam terobosan di sektor pertanian. Dia berharap, rencana ini dapat mendongkrak potensi yang ada di Dusun Panjang yang sejuk ini.

"Terima kasih kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang terkait, penyuluh pertanian dan kelompok tani yang ikut melakukan terobosan ini," jelas dia.

Baca Juga: Ilham Azikin berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat dan petani di Desa Labbo. Dia juga mengajak petani lainnya agar senantiasa saling berkelompok untuk memudahkan pemerintah memberikan bantuan.

"Saya berharap pula ini menjadi motivasi untuk petani lainnya agar bisa ikut berkelompok. Karena pada dasarnya, bantuan itu hanya bisa diserahkan ke kelompok," jelas dia.

Sekedar diketahui, Dusun Panjang adalah salah satu daerah ketinggian di Bantaeng . Sebagian besar warga di daerah ini mengandalkan hasil perkebunan kopi dan yang terbaru adalah porang.

Selain memberikan bantuan bibit dan pupuk, sebelumnya Ilham Azikin juga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)