TOPIK TERPOPULER

30 Kasus Bunuh Diri Terjadi di Tana Toraja dan Toraja Utara Sepanjang Tahun 2020

Joni Lembang
30 Kasus Bunuh Diri Terjadi di Tana Toraja dan Toraja Utara Sepanjang Tahun 2020
Ilustrasi. Foto: SINDOnews

TORAJA UTARA - Kasus bunuh diri jadi salah satu fenomena sosial yang paling menonjol selama tahun 2020 di Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja.

Kepolisian Resor (Polres) Toraja Utara mencatat, ada 16 kasus bunuh diri yang terjadi di wilayah Toraja Utara selama tahun 2020.



Baca juga: 12 Kasus Bunuh Diri Terjadi di Tana Toraja Sepanjang Tahun 2020

"Ada 16 kasus bunuh diri yang terjadi di Toraja Utara selama Januari-Desember tahun 2020,” ungkap Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajati, dalam konferensi pers akhir tahun di Mapolres Toraja Utara.

Kapolres mengatakan, belasan warga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tidak wajar itu disebabkan berbagai faktor. Mulai dari masalah ekonomi, hingga asmara.

Baca juga: Diduga Putus Cinta, Remaja Putri di Toraja Gantung Diri di Pohon Jambu

Karena kasus bunuh diri cukup banyak, Kapolres mengimbau kepada tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda untuk memberikan perhatian penuh terhadap masalah ini. "Fenomena sosial kasus bunuh diri ini merupakan masalah bersama kita semua," terang AKBP Yudha Wirajati.



Selain kasus bunuh diri, Polres Toraja Utara juga mencatat kasus menonjol lainnya, yakni percabulan dan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur dan kasus narkoba. Sepanjang tahun 2020, polisi menangani sebanyak 13 kasus, dengan penyelesaian sebanyak 12 kasus, sementara 1 kasus masih dalam penyelidikan. Dari jumlah kasus ini, polisi menetapkan 15 orang sebagai tersangka, terdiri dari 14 laki-laki dan 1 perempuan

Baca juga: Tak Terima Dinasehati Orangtua Pulang Malam, Remaja Putri Tewas Minum Racun Ikan

"Ada sembilan kasus yang menonjol selama tahun 2020, yaitu curat, curas, curanmor, anirat, keroyok, narkoba, pembunuhan, percabulan, serta pemerkosaan,” jelas Kapolres.

Sementara data di Polres Tana Toraja, tercatat ada sebanyak 14 kasus bunuh diri selama tahun 2020 di wilayah Kabupaten Tana Toraja.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!