alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Danny Pomanto Siap Gelar F8 Meski Tanpa Anggaran Pemerintah

Vivi Riski Indriani
Danny Pomanto Siap Gelar F8 Meski Tanpa Anggaran Pemerintah
Tugu F8 yang berdiri di Anjungan Pantai Losari Makassar. Mantan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama pihak swasta dan kurator akan menggelar ajang Makassar F8. Foto: Sindonews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Mantan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, mengaku kecewa atas keputusan pemerintah kota membatalkan event Makassar International Eight Festival and Forum (MIEFF) atau F8 dengan alasan rasionalisasi.

Pasalnya, program ini sudah masuk dalam RPJMD pemerintah kota dan tercatat sebagai top 10 kelender event Kementrian Pariwisata.

Atas keputusan itu, Danny bersama para kurator berencana akan mengambilalih kegiatan ini sehingga tetap terselenggara, mengingat salah satu alasan pemerintah kota membatalkan event tersebut lantaran mengalokasikan anggaran kegiatan itu ke program yang dinilai lebih prioritas.



Kata Danny, event F8 ini sudah menjadi siri' orang Makassar sehingga sangat disayangkan jika harus dibatalkan dengan alasan anggaran. Pasalnya, event ini tidak hanya sekadar perhelatan seni tingkat lokal melainkan melibatkan sejumlah negara-negara di dunia.

Dalam kapasitasnya sebagai industri kreatif, Danny bersama para kurator akan berkoordinasi dengan Kementrian Pariwisata perihal rencana pengalihan event F8 ke pihak swasta.

"Sudah ada sinyal dari kementrian, tidak ada masalah kalau swasta atau non pemerintah yang buat karena persoalan itu di festival bukan siapa penyelenggaranya," kata Danny.

Lantaran sudah masuk dalam kalender event Kementrian Pariwisata, pihaknya meminta kepada pemerintah pusat agar waktu pelaksanaan event ini diundur mengingat waktu yang sudah mepet.

Apalagi dalam waktu dekat ini ada agenda nasional seperti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), serta pelantikan kabinet.

"Kita agendakan setelah pelantikan presiden, rencananya juga pak presiden akan kita undang membuka kegiatan ini," ucapnya.

Meski tidak dianggarkan oleh pemerintah, Danny bersama para kurator optimistis bisa menggelar event ini. Pasalnya, ada banyak pelaku seni yang terlibat sehingga sangat disayangkan jika tidak digelar.

"Kita cari anggaram sendiri tanpa anggaran pemerintah, melalui sponsor, saya belum tahu berapa nilainya tapi pasti kita akan efisienkan. Kita cuma minta dukungan pemkot terkait tempat, dan saya yakin Pj wali kota tidak akan menolak itu," tuturnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif