Sulsel Bersiap Sambut Vaksinasi Pada Bulan Januari Ini

Sabtu, 02 Januari 2021 - 07:41 WIB
loading...
Sulsel Bersiap Sambut Vaksinasi Pada Bulan Januari Ini
Pemerintah Provinsi Sulsel siap menyambut vaksin yang akan didistribusikan pada Januari ini. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah mempersiapkan distribusi vaksin Covid-19 di semua provinsi di Indonesia. Jila tidak ada aral melintang, program vaksinasi gratis direncanakan dimulai Januari 2021.

Sulsel termasuk salah satu provinsi yang tengah bersiap menyambut rencana vaksinasi . Berbagai perencanaan terus dimatangkan agar program pusat itu bisa berjalan lancar di daerah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari mengaku, rencana vaksinasi Covid-19 terus dikoordinasikan dengan Kemenkes. Di samping pihaknya juga menyiapkan fasilitas kesehatan dan sumber daya manusia untuk mendukung hal tersebut.



Meski belum ada tanggal pasti kapan vaksin Covid-19 rencananya disalurkan, namun dijadwalkan pusat akan dilakukan bulan ini.

"Ini sementara kita video cenference terus dengan Menteri Kesehatan bagaimana persiapannya. Kalau melihat jadwal di bulan Januari, tapi ini tanggalnya masih tentatif," sebut Ichsan kepada KORAN SINDO, Jumat, (01/12/2021).

Di luar itu, Ichsan belum bisa sesumbar terkait skenario perihal vaksinasi. Apalagi kuota atau jatah pendistribusian vaksin Covid-19 di tiap provinsi diakui belum ditentukan pusat. Menunggu petunjuk teknis dari Kemenkes.

Hanya saja, disebutkan jatah vaksin Covid-19 akan berbeda di tiap provinsi, begitupun di tiap kabupaten/kota Sulsel. Kata Ichsan, tergantung zona resiko Covid-19 di suatu wilayah

"Tapi yang pasti adalah untuk tahap pertama ini semua nakes dulu yang menjadi target pertama. Ini menurut hasil video conference Kemenkes. Tentu juga dalam waktu dekat ada perubahan-perubahan, tapi secara tentatif begitu. Ketentuan penyelenggaraan vaksinasi covid dari pusat. Kami di daerah cuma mendukung," paparnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)