Ini 5 Manfaat Makan Banyak Buah dan Sayuran Berwarna Hijau

Minggu, 03 Januari 2021 - 08:44 WIB
loading...
Ini 5 Manfaat Makan Banyak Buah dan Sayuran Berwarna Hijau
Ada banyak buah dan sayuran hijau di antaranya brokoli, bayam, ketimun, paprika hijau, alpukat, kiwi, jambu, pir, apel hijau dan anggur hijau. Foto: Ilustrasi/Meat Free Monday
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi buah dan sayur berwarna hijau membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Warna hijau tersebut berasal dari sebuah pigmen bernama klorofil.

Pigmen ini memiliki kemampuan yang kuat untuk meregenerasi tubuh pada tingkat molekuler serta seluler, dan dikenal untuk membersihkan tubuh. Kandungan ini juga membantu dalam memerangi infeksi dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan peredaran darah.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan hijau adalah sumber fitonutrien, serat, dan air yang baik yang dapat merevitalisasi kesehatan. Ada banyak buah dan sayur berwarna hijau di antaranya brokoli, bayam, ketimun, paprika hijau, alpukat, kiwi, jambu, pir, apel hijau dan anggur hijau.

Mengapa harus makan lebih banyak buah dan sayur berwarna hijau? karena mengandung klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, dan beta karoten.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini manfaat makan banyak buah dan sayur berwarna hijau.

1. Menurunkan kolesterol jahat
Seperti diketahui, penumpukan kolesterol di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol, tingkatkanlah konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau, anggur hijau karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.



2.Mencegah kanker
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa diet kaya sayuran hijau dan buah-buahan dapat membantu menangkal kanker karena adanya kandungan fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang dapat membantu dalam memerangi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara. Fitonutrien dapat ditemukan dalam alpukat, apel hijau, bayam, dan kangkung.

3. Meningkatkan kesehatan mata
Mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat membantu menjaga kesehatan mata. Sayuran dan buah seperti bayam, kangkung, buah kiwi, anggur dan zucchini mengandung karoten esensial yang disebut lutein dan zeaxanthin, di mana senyawa ini bertindak sebagai pelindung untuk makula dan mencegah kerusakan dari cahaya.

4. Baik untuk pencernaan
Untuk memastikan berfungsinya sistem pencernaan dengan lebih baik, konsumsilah makanan berserat tinggi seperti apel hijau, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau. Serat berfungsi baik bagi tubuh dengan menyerap air tambahan di usus, mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan buang air besar.

5. Meningkatkan metabolisme
Peningkatan metabolisme akan membantu menurunkan berat badan dan beberapa sayuran dan buah hijau seperti cabai hijau, alpukat, bayam adalah beberapa makanan hijau yang dapat meningkatkan aktivitas metabolisme.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)