TOPIK TERPOPULER

3 Bulan Beroperasi, Bandara Toraja Sudah Layani 8.000 Penumpang

Joni Lembang
3 Bulan Beroperasi, Bandara Toraja Sudah Layani 8.000 Penumpang
Salah satu pesawat yang mendarat di Bandara Toraja di awal-awal pengoperasian bandara yang terletak di Kecamatan Mangkendek beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Dok

TANA TORAJA - Kehadiran Bandara Toraja melayani transportasi udara cukup diminati warga. Manajemen Bandara Toraja menyebut, sejak dibuka 4 September 2020 hingga akhir Desember 2020, Bandara Toraja yang berlokasi di Kecamatan Mengkendek ini, sudah melayani 8.439 penumpang.

“Hingga akhir Desember 2020, jumlah total penumpang berangkat dan datang sebanyak 8.439 orang. Sementara total bagasi berangkat dan datang seberat 31.750 kilogram,” ungkap Kepala Bandara Toraja, Rasidin, Minggu (3/1/2021).



Baca juga: Perum Damri Akan Layani Angkutan Penumpang di Bandara Toraja

"Grafik penumpang tertinggi terjadi pada bulan Desember bertepatan dengan hari raya Natal dan tahun baru. Penumpang paling banyak di bulan Desember,” sambung Rasidin.

Manajemen Bandara Toraja, lanjut Rasidin, sudah mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat menjelang Natal dan tahun baru dengan menambah jumlah penerbangan dua kali sehari untuk dua maskapai, Citilink dan Wings Air.

Jika selama ini penerbangan dari Makassar ke Toraja antara pukul 09.30 Wita dan dari Toraja ke Makassar pukul 11.00 Wita, maka dengan penambahan penerbangan ini, jadwal dari Makassar ke Toraja ada lagi pada pukul 13.30 Wita.

Penambahan jumlah penerbangan rute Makassar-Toraja itu mulai berlaku sejak Jumat, 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Tetapi bisa diperpanjang atau dipatenkan kalau jumlah permintaan penumpang tetap stabil atau tinggi.



Baca juga: Disubsidi Pemprov Sulsel, Naik Pesawat ke Toraja Hanya Rp360 Ribu

“Dalam rangka peak season Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021, jumlah flight dari Makassar ke Toraja kita tambah menjadi dua kali sehari," ujarnya.

Rasidin menambahkan, jumlah penerbangan di Bandara Toraja saat ini mencapai tiga kali sehari. Selain maskapai Wings Air dan Citilink, pesawat Susi Air juga melayani rute Seko-Toraja dan sebaliknya 4 kali seminggu melalui Bandara Toraja.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!