alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gerah! Bupati Maros Bakal Sanksi Truk 10 Roda, Bayar Denda Jaminan Perbaikan Jalan

Najmi Limonu
Gerah! Bupati Maros Bakal Sanksi Truk 10 Roda, Bayar Denda Jaminan Perbaikan Jalan
Gerah dengan aktivitas truk 10 roda pengangkut tambang galian C yang beroperasi di Maros, Bupati Maros HM Hatta Rahman mengeluarkan ancaman berikut sanksi. Foto : SINDOnewa/Najmi Limonu

MAROS - Gerah dengan aktivitas truk 10 roda pengangkut tambang galian C yang beroperasi di Maros, Bupati Maros HM Hatta Rahman mengeluarkan ancaman berikut sanksi.

"Nanti akan kita tertibkan truk 10 roda ini. Sekarang truk 10 roda banyak yang melebihi tonase dan sudah tidak sesuai standar. Misanya truknya sudah besar ditambah lagi baknya dipasangi papan bagian kiri kanan & belakangnya melebihi kapasitas muatan. Belum lagi jam operasinya dari pagi sampai malam dan itu sangat rawan terjadi kecelakaan,” tegas Hatta kepada SINDOnews.

Hatta menyebut, pihaknya sudah menggelar rapat dengan pihak terkait seperti Kapolres, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kasatlantas untuk menertibkan truk-truk ini.



Adapun sanksi bagi truk yang melanggar itu yakni membayar denda dan jaminan perbaikan jalan. Penertiban truk ini akan dilakukan paling lambat awal Agustus mendatang.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Najib mengatakan, penertiban truk 10 roda pengangkut tambang galian C diatur dalam Perbup nomo 102 tahun 2016 tentang penggunaan jalan umum kabupaten untuk angkutan hasil tambang dan hasil usaha lainnya.

Perbup ini memuat standar truk yang beroperasi namun sanksinya berlum tertuang sehingga dilakukan perubahan Perbup untuk sanksi bagi truk yang melanggar.

“Rancangan perubahan Perbup sementara digodok dan akan segera disahkan,” pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook