Bupati Bantaeng Uji Fungsi Fasilitas Air Bersih Langsung Minum di Desa Kayu Loe

Minggu, 03 Januari 2021 - 23:49 WIB
loading...
Bupati Bantaeng Uji Fungsi Fasilitas Air Bersih Langsung Minum di Desa Kayu Loe
Bupati Kabupaten Bantaeng, Ilham Azikin di lokasi sistem penyediaan air minum dan sanitasi (SPAMS). Foto: Humas Pemkab Bantaeng
A A A
BANTAENG - Bupati Kabupaten Bantaeng , Ilham Azikin kembali melakukan uji fungsi dan serah terima sistem penyediaan air minum dan sanitasi (SPAMS) di Desa Kayu Loe, Kecamatan Bantaeng. Program SPAMS berbasis masyarakat III ini merupakan kelanjutan program pamsimas I (2008-2012) dan pamsimas II (2013-2016).

Ilham Azikin terlihat ikut mantau ketersediaan dan kelayakan air bersih dari pamsimas ini. Dia bahkan terlihat meminum langsung air dari fasilitas ini tanpa harus memasaknya terlebih dahulu.



Dalam kesempatan itu, dia mengajak kepada masayarakat untuk senantiasa menjaga dan memelihara fasilitas ini. Menurut dia, bangunan ini adalah bagian dari pemenuhan kebutuhan dasar masayarakat atas ketersediaan air bersih di Kayu Loe.

“Melalui program pamsimas ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses sarana air minum yang aman, serta mampu menerapkan program stop buang air besar sembarangan," jelasnya, Minggu (3/1/2021).

Dia menambahkan, akses air minum aman tidak harus melalui perpipaan, termasuk menjaga sumber air agar tidak tercemar seperti sumur yang banyak di pedesaan. Oleh karena itu, dia mengaku, upaya ini dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah desa dan pinggiran kota.



Sekadar diketahui, program pamsimas merupakan salah satu kegiatan pembangunan infrastruktur permukiman berbasis masyarakat. Melalui pendekatan ini, masyarakat difasilitasi untuk secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur air minum dan sanitasi.

Sehari sebelumnya, Ilham Azikin juga menghadiri uji fungsi dan penyerahan SPAMS di Bungloe, Kecamatan Ulu Ere. Kepala Balai Prasarana Air Permukaan Pamsimas Sulsel, Ahmad Asiri mengatakan, proyek ini sepenuhnya dilaksanakan dan dipelihara oleh masyarakat.

Dia mengatakan, infrastruktur bangunan ini dilakukan dengan melibatkan masyarakat. Ia berharap, bangunan ini akan dipelihara dengan baik oleh masyarakat. "Tujuannya adalah umur konstruksi bangunannya akan lebih maksimal," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4070 seconds (0.1#10.140)