alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Korupsi, Ini yang Dilakukan Polres Bulukumba

Eky Hendrawan
Cegah Korupsi, Ini yang Dilakukan Polres Bulukumba
Polres Bulukumba melakukan sosialisasi terhadap aparatur pemerintahan untuk mencegah korupsi. Foto: Ilustrasi

BULUKUMBA - Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bulukumba, menggalakkan pola pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi. Pola pencegahan tersebut dilakukan dengan mengundang sejumlah pihak terkait yang melakukan pengelolaan anggaran daerah.

Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan mengatakan, selain penegakan hukum pada bidang tindak pidana korupsi. Pihaknya menilai jika pola pencegahan sangat perlu dilakukan secara langsung pada sasaran instansi yang melakukan pengelolaan anggaran pembangunan.

"Sosialisasi ini kita galakan sehingga nantinya bukan lagi mengobati tapi mencegah sebelum terjadi dan semoga kita semua sepakat bahwa korupsi tidak boleh terjadi di Bulukumba," katanya, Jumat, (26/07/2019).



Jika sosialisasi telah dilakukan dan masih terdapat adanya tindakan melawan hukum, menurut Syamsu Ridwan itu artinya pihak yang bersangkutan tidak memiliki keinginan untuk melakukan hal yang melanggar hukum dan menghindari jeratan hukum.

"Kita tidak mau setiap tahunnya hanya masalah dugaan korupsi saja yang dibicarakan tetapi bagaimana supaya dugaan tindak pidana korupsi itu tidak merajalela," ujarnya.

Syamsu Ridwan mengaku telah memerintahkan Kasat Reskrim, AKP Bery Juana Putra dan Kanit Tipikor, Bripka Ahmad Fatir untuk melakukan pengecekan disetiap pekerjaan yang berlangsung. Hal itu dilakukan agar pekerjaan yang dikerjakan bisa sesuai dengan spesifikasi dalam kontrak kerja.

"Mohon maaf jika ke depan nanti kami menegur apabila tidak sesuai spesifikasi dan meminta agar dilakukan perbaikan sesuai kontrak kerja yang ada. Saya sudah perintahkan Reskrim dan Tipikor untuk turun ke lapangan," tegasnya.

Pola pencegahan yang dilakukan, menurut Syamsu Ridwan tidak akan mengurangi semangat dalam penegak hukum. Jika dalam suatu pekerjaan ditemukan ada fakta melawan hukum yang mengakibatkan kerugian negara maka akan tetap menjalani proses.

"Penegakan hukum juga tetap berjalan dan tidak mengurangi sedikitpun semangat penegkan hukum karena adanya pola pencegahan yang kita galakkan. Sepanjang ada fakta perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian negara," tandasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook