Makassar Dapat Jatah Vaksin Covid-19 Terbanyak di Sulsel

Selasa, 05 Januari 2021 - 07:24 WIB
loading...
Makassar Dapat Jatah Vaksin Covid-19 Terbanyak di Sulsel
Seorang warga saat melakukan swab untuk mengidentifikasi Virus Covid-19 di Makassar. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Pemerintah pusat mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac ke tiap provinsi di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan (Sulsel). Program vaksinasi rencananya bakal dilakukan secara serentak mulai 14 Januari mendatang.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku, sebagai tahap awal program vaksinasi Covid-19 akan menyasar tenaga kesehatan (nakes). Kebijakan ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

"Pokoknya kita dahulukan dulu (sesuai) arahan Presiden (diutamakan) nakes dulu," sebut Nurdin usai memimpin rapat kerja evaluasi kegiatan 2020 dan rencana program tahun 2021 lingkup Pemprov Sulsel di kantor Gubernur Sulsel , Senin, (04/1/2021).



Nurdin berharap, vaksinasi Covid-19 bisa berjalan lancar. Dia mengaku, dirinya pun siap divaksin. Hanya saja, mesti mendahulukan tenaga kesehatan dan masyarakat sesuai arahan pemerintah pusat.

"Pokoknya kita itu pemimpin selalu belakangan. Didahulukan dulu masyarakat. Masa kita dulu selamatkan diri," imbuh dia.

Sembari menunggu vaksin Covid-19 didistribusikan, Pemprov Sulsel pun telah melakukan berbagai persiapan. Kata Nurdin , mempersiapkan data klinis warga untuk pelaksanaan vaksinasi.

"Sekarang kita udah persiapin data klinis. Karena tidak sembarangan orang bisa divaksin. Jadi ada beberapa kriteria yang harus disiapin," imbuh Nurdin .

Upaya pengendalian laju penularan Covid-19 disebut Nurdin masih menjadi fokus utama tahun ini. Apalagi dia mengakui, efek pandemi tidak hanya berdampak besar pada masalah urusan kesehatan, namun juga mengguncang perekonomian.

Dikatakan, kasus positif Covid-19 cenderung mengalami kenaikan belakangan ini. Namun hal itu dianggap sebagai bagian dari upaya tracing dan testing masif yang dilakukan pemerintah melalui Satgas Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)