alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ganti Rugi Lahan Kereta di Pangkep Gunakan 'Harga Kronis', Dewan Berang!

Muhammad Subhan
Ganti Rugi Lahan Kereta di Pangkep Gunakan Harga Kronis, Dewan Berang!
Sejumlah anggota komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangkep berang. Pasalnya penetapan harga ganti rugi pembebasan lahan pembangunan rel kereta api (KA) dianggap semena-mena. Foto : SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Sejumlah anggota komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangkep berang. Pasalnya penetapan harga ganti rugi pembebasan lahan pembangunan rel kereta api (KA) dianggap semena-mena.

Harga yang telah ditetapkan tim appraisal tersebut yakni Rp60-Rp70 ribu permeter. Padahal di lokasi yang sama, pengembang membelinya dengan nilai Rp200 ribu permeter.

"Kalau harganya Rp60-70 ribu di Pangkep. Tidak boleh sewenang-wenang begitu. Sadis itu. Tidak ada tanah yang harganya segitu kalau ada saya juga mau," ketus Politisi Hanura, Nurdin Mappiara dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), pemilik lahan dengan pemerintah setempat.



Hal yang sama dikatakan anggota Komisi III yang hadir dalam rapat tersebut, Andi Ridha. Ketua Partai Demokrat Pangkep ini mempertanyakan dasar harga yang ditetapkan tim apresial.

"Mayoritas mereka adalah petani yang hidupnya dari lahan yang kena proyek rel KA ini. Nah kalau nilai ganti ruginya kecil bagaimana mereka membeli lahan baru untuk bertani," tukas Ridha.

Salah seorang pemilik lahan di Kecamatan Minasatene, Ismail mengungkapkan lahan rumah dan sawahnya ditaksir dengan harga kronis yakni, untuk rumahnya ditaksir Rp70 ribu permeter sementara sawahnya ditaksir Rp30 ribu permeter.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook