alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mengapa Sesorang Sulit Mengingat Mimpi Usai Bangun Tidur, Ini Jawabannya

Sri S Syam
Mengapa Sesorang Sulit Mengingat Mimpi Usai Bangun Tidur, Ini Jawabannya
Kabanyakan dari kita pasti pernah mengalami mimpi saat sedang tidur. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Kabanyakan dari kita pasti pernah mengalami mimpi saat sedang tidur. Apalagi mimpi seram yang mampu menguras emosi dan umumnya berisi tentang hal-hal yang bersifat memilukan serta membuat bulu kuduk merinding.

Tapi terkadang hal yang membuat dilema adalah tak bisa menceritakan kembali pengalaman itu ketika bangun tidur. Rasanya sulit mengingat alur mimpi.

Nah, mengapa hal itu terjadi dan apa penyebabnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.



1. Jenis Kelamin
Rata-rata, wanita akan lebih sering mengingat mimpi daripada pria. Para peneliti tidak tahu persis mengapa, tetapi ahli menyebut jika itu terjadi akibat perbedaan biologis atau hormonal. Wanita mungkin lebih sadar akan mimpi mereka karena cenderung lebih tertarik pada mimpi secara umum.

2. Usia
Seiring bertambahnya usia, seringkali semakin sulit untuk mengingat mimpi. Kemampuan kita untuk mengingat mimpi meningkat pada akhir masa kanak-kanak dan remaja, dan cenderung memuncak pada usia dua puluhan. Setelah titik itu, orang sering mengalami penurunan secara bertahap dalam ingatan kembali ke mimpi.

3. Durasi Tidur
Jumlah rata-rata tidur yang didapat seseorang adalah salah satu faktor terpenting terkait dengan upaya mengingat mimpi. Jika kita hanya tidur empat jam, bukan delapan jam maka kita hanya dapat mengingat sekitar 20 persen dari waktu mimpi kita. Karena alasan ini, beberapa orang melaporkan lebih banyak mengingat mimpi mereka pada akhir pekan ketika mereka memiliki kesempatan untuk tidur lebih lama.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook