alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Yuks Lakukan! Cara Aman Minum Kopi agar Tak Menganggu Kesehatan

Sri S Syam
Yuks Lakukan! Cara Aman Minum Kopi agar Tak Menganggu Kesehatan
Kamu penggemar kopi, memang kopi termasuk minuman nikmat yang digemari hampir seluruh masyarakat dunia. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Kamu penggemar kopi, memang kopi termasuk minuman nikmat yang digemari hampir seluruh masyarakat dunia. Penggemar kopi pun tidak hanya kaum lelaki saja, namun juga kaum wanita menggilainya.

Namun tahukah kamu jika kopi juga mempunyai efek negatif yang dapat merusak kesehatan. Nah agar terhindar dari efek negatif tersebut, berikut tips cara aman menikmati kopi agar tak menganggu kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber.

1. Minum Air Putih Terlebih Dahulu
Tak sedikit orang yang sudah terbiasa minum kopi tanpa minum air putih sebelumnya. Padahal kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein yang ada pada kopi itu bersifat diuretic alias memicu kehilangan cairan.



2. Batasi Penggunaan Pemanis Buatan
Cara aman minum kopi selanjutnya adalah dengan tidak menambahkan pemanis buatan pada hidangan kopimu. Pasalnya, pemanis buatan seperti gula putih, susu dan tim mampu menaikkan risiko berbagai penyakit. Mulai dari obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes.

3. Batasi Konsumsi Kopi dalam Sehari
Bagi penggemar kopi memang cukup sulit untuk membatasi jumlah konsumsi kopi. Namun mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh. Dimana jantung bisa berdebar-debar sehabis mengkonsumsi kopi. Kamu perlu membatasi asupan kopi sehari sebanyak 2 hingga 3 cangkir saja.

4. Saring Menggunakan Kertas Khusus Kopi
membuat kopi dengan menyeduhnya menggunakan kertas saring khusus ternyata dapat mengurangi kadar kafein. Namun jangan khawatir zat-zat yang lain khususnya antioksidan tidak akan hilang dengan cara penyeduhan ini.

5. Tidur Siang Sebelum Minum Kopi
Bila kamu menikmati secangkir kopi sebelum tidur siang 20-30 menit, kamu bisa jadi akan bangun dengan perasaan lebih segar. Lakukan hal ini pada siang hari, misalnya saat sedang istirahat dari kerja atau apapun aktivitasmu.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook