alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Amerika Serikat Picu Perlombaan Senjata di Luar Angkasa

Tim Sindonews
Amerika Serikat Picu Perlombaan Senjata di Luar Angkasa
Perlombaan senjara di luar angkasa akan terjadi jika rencana Amerika Serikat (AS) untuk menetapkan sistem pertahanan rudal di ruang angkasa benar-benar dilakukan. Foto : SINDOnews/Ilustrasi

RIO DE JANEIRO - Perlombaan senjara di luar angkasa akan terjadi jika rencana Amerika Serikat (AS) untuk menetapkan sistem pertahanan rudal di ruang angkasa benar-benar dilakukan.

"Kami prihatin dengan rencana AS untuk menempatkan senjata di ruang angkasa yang sudah dilaksanakan. Ini akan mengarah pada tahap kualitatif lain dari perlombaan senjata," ungkap Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam sesi Dewan Menteri Luar Negeri BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, Afrika Selatan).

"Seperti yang Anda ketahui, Rusia dan China telah mengajukan rancangan proposal tentang pencegahan penyebaran senjata di ruang angkasa di konferensi pelucutan senjata di Jenewa. Kami menghargai itu bahwa negara-negara BRICS mendukung resolusi tahunan tentang masalah mendesak ini pada sesi Majelis Umum PBB," tambahnya seperti dikutip dari TASS, Sabtu (27/07/2019).



Menteri luar negeri Rusia itu mengatakan bahwa keamanan internasional terancam oleh meningkatnya anggaran militer dari beberapa negara dan kemunduran arsitektur stabilitas strategis yang telah berlangsung beberapa dekade.

"Contoh yang mencemaskan adalah upaya AS untuk menghancurkan perjanjian pertahanan rudal dan START yang baru (Perjanjian Strategis Pengurangan Nuklir). Ketidakpastian juga tetap ada di sekitar perjanjian INF (Perjanjian Nuklir Jarak Menengah). Kami telah menyarankan untuk memperpanjang tetapi belum mendengar tanggapan dari Washington," pungkasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook