Mensos Risma Temui Pengemis di Jakarta, Netizen: Kalau Blusukan Sudah Banyak Selebgram, YouTuber yang Melakukan

Selasa, 05 Januari 2021 - 11:41 WIB
loading...
Mensos Risma Temui Pengemis di Jakarta, Netizen: Kalau Blusukan Sudah Banyak Selebgram, YouTuber yang Melakukan
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.Foto/SINDOphoto/dok
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kembali blusukan di sekitaran Jakarta. Kegiatan yang gemar dilakukan Risma sejak menjabat Wali Kota Surabaya itu ternyata tetap dilakukan hingga kini.

Seperti pada Senin (4/1/2021) kemarin, Risma menyisir kawasan Sudirman hingga MH Thamrin Jakarta Pusat. Risma menemui beberapa pemulung dan gelandangan. Saat menemui seorang pemulung yang tampak tak lagi muda, Risma pun menawarkan bantuan kepadanya yang diketahui tak memiliki hunian. Risma mengajaknya ke tempat penampungan.

“Ikut saya ya pak, ke rumah, nanti ada temannya banyak bapak. Nanti bapak tetap bisa mulung, saya bantu cari kerjaan ya, ya pak ya, supaya bisa makan, bisa tidur tidak kehujanan, bapak di sini dulu ya, nanti ada yang jemput,” ujar Risma dalam video yang diunggah akun resmi PDI Perjuangan, dikutip Selasa (5/1/2021).

Risma juga menemui pemulung lain yang ditawarkannya hunian di penampungan. Namun, pemulung itu minta dipulangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Risma pun mengiyakan. “Oke saya pulangkan, tapi ikut ke kantor saya dulu ya pak, biar saya pulangkan,” ujarnya.

Sontak saja aksinya itu jadi buah bibir publik, hingga masuk dalam deretan di trending topic Twitter pada Selasa (5/1/2021). Ramai netizen yang mempertanyakan blusukan yang dilakukan Risma itu. (Baca: Lagi, Risma Temui Pengemis di Jakarta, Netizen: Mensos RI atau Mensos DKI? Bekal buat 2022 Ya Bu)

“Blusukan kok di DKI? ibu Mensos RI ingat itu bu di Tanjung Pinang ada musibah banjir, sudahkah ada tim ibu kesana?,” komentar akun @UripSumoharjoAd. “Tugas pemerintah itu bikin kebijakan, kalau soal blusukan sudah banyak selebgram, youtuber yang melakukan!,” tulis akun @AchilDawn.

“Indonesia emangnya cuma DKI kah? Kok blusukannya di DKI melulu, padahal kan mensos tugasnya seluruh wilayah NKRI, dari sabang sampai merauke. Hati-hati bisa menimbulkan kecemburuan daerah lain,” tulis akun @Qshareina.

Dalam aksi blusukan, Risma mengajak masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) untuk mau tinggal di penampungan sementara. Hal itu guna memperhatikan kemandirian penerima bantuan dalam waktu jangka panjang.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)