alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sudah 5 Tahun Pacong Layani Pesanan Sapi Kurban Presiden Jokowi

Najmi Limonu
Sudah 5 Tahun Pacong Layani Pesanan Sapi Kurban Presiden Jokowi
Sapi kurban yang dipesan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat diberi makan oleh peternak di Kabupaten Maros. Foto: Sindonews/Najmi Limonu

MAROS - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), selalu memesan sapi kurban di Kabupaten Maros untuk dipotong di wilayah Sulsel. Bahkan, sudah 5 tahun berturut-turut mempercayakan peternakan yang sama.

Sapi kurban pesanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dipesan dari salah satu peternakan milik warga di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros, bernama H Pacong.

Hewan kurban pesanan Jokowi ini merupakan sapi jenis simental dengan bobot hampir mencapai 1 ton.
Jenis sapi ini awalnya berkembang di Lembah Simme, Swiss (Switzerland), yang merupakan jenis sapi hasil persilangan antara sapi Jerman dan sapi kecil asli Swiss.



Pemilik peternakan sapi, Pacong mengatakan, sapi yang memiliki bobot 971,5 kilogram atau hampir mencapai 1 ton tersebut, saat ini masih berada di peternakan miliknya. Sapi tereebut memiliki lingkar dada 233 sentimeter, panjang 194 sentimeter dan tinggi pundak 156 sentimeter.

Dia mengatakan, jika sapi kurban yang berjenis kelamin jantan ini mendapat perawatan khusus. Pasalnya dalam sehari, sapi ini dimandikan dua hingga tiga kali. Untuk makanannya saja, Pacong memberikan makanan khusus dari rumput gajah, jerami dan dedak.

"Sapi simental pesanan pak Presiden ini, saya pelihara sejak kecil. Saat ini usianya sudah tiga tahun. Memang sapi ini berbeda dengan sapi yang lain, karena saya memeliharanya secara khusus," ujarnya.

Dia juga mengaku senang, sebab sudah lima tahun Presiden Jokowi memesan sapi kurban di peternakan miliknya.

"Alhamdulillah karena sudah lima tahun kita dipercayakan menyiapkan sapi milik pak Jokowi," akunya.

Sapi kurban pesanan orang nomor 1 di Indonesia ini pun pernah menjuarai perlombaan kontes di Kabupaten Bone, tiga tahun silam. Saat itu, sapi ini berhasil meraih juara 1 lomba kontes dalam hal kesehatan, kebersihan, dan kesuburan sejak berumur 1 tahun.

"Sapi ini pernah juara 1 kontes dan keluar sebagai pemenang kontes mengalahkan sapi lainnya dalam hal kebersihan, kesehatan, dan kebersihan," pungkasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif