alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulsel : Petani Harus Sejahtera Tak Boleh Miskin

Tim Sindonews
Gubernur Sulsel : Petani Harus Sejahtera Tak Boleh Miskin
Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah bertekad untuk mensejahterahkan petani di Sulsel. Kata Dia bidang pertanian menjadi fokus pembangunannya pemerintahannya agar petani Sulsel tak lagi miskin. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah bertekad untuk mensejahterahkan petani di Sulsel. Kata Dia bidang pertanian menjadi fokus pembangunannya pemerintahannya agar petani Sulsel tak lagi miskin.

Kepala Dinas Kominfo Sulsel, Hasdullah, mengungkapkan jika tekad Gubernur NA itu terus disampaikan dalam berbagai kesempatan, disamping prestasi Sulsel lainnya.

"Kata Pak Gub, sulsel sebagai daerah penyangga pangan nasional terdepan harus terus dijaga dan ditingkatkan," jelas Hasdullah.



Caranya, lanjut Hasdullah dengan tatakelola pertanian modern dan hilirisasi yaitu pertanian yang yang direncanakan secara holistik sistem dengan menggunakan teknologi budidaya dan mekanisasi yang standart.

Tak hanya itu penguatan intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi untuk optimalkan produksi, juga harus dilakukan. Hal ini agar pasca panen petik olah jual dan akses pasar yang terjamin sehingga berkorelasi terhadap peningkatan pendapatan petani.

"Dalam perspektif peningkatan pendapatan petani diperlukan kreativitas terhusus pada daerah tertentu/ wilkom memilih komudity yang cocok yang bernilai ekonomi tinggi seperti talas harga nya cukup tinggi dan permintaan luar negeri Jepang misalnya itu cukup besar ratusan ribu ton," tukasnya.

Tekad pemerintah Sulsel itu, tukasnya dipastikan akan terus dikawal melalui peran OPD yang membidangi pertanian perkebunan dan yang terkait lainnya melalui pemdekatan modernisasi dan hilirisasi pertanian yang makin maju dan secara nyata harus mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook