Pemkab Lutra Siap Bangunkan Huntap untuk Korban Banjir yang Punya Lahan

Rabu, 06 Januari 2021 - 14:09 WIB
loading...
Pemkab Lutra Siap Bangunkan Huntap untuk Korban Banjir yang Punya Lahan
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat memimpin Rapat terkait Penanganan Strategis Percepatan Pembangunan Huntap bagi Korban Bencana Banjir Bandang. Foto: Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra), siap membangunkan hunian tetap atau huntap untuk korban banjir bandang yang memiliki lahan sendiri.

Terlebih saat ini, pembangunan huntap terus digenjot oleh pemerintah, baik pusat, provinsi maupun daerah . Hal ini dilakukan untuk memastikan para korban ini segera memiliki tempat tinggal yang layak pascabencana yang menyebabkan hilangnya tempat tinggal mereka.

Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani, menegaskan, akan mempercepat ketersediaan lahan bagi korban bencana dengan segera membentuk Tim Terpadu Percepatan Ketersediaan Lahan.



Dia menjelaskan, untuk mengakselerasi ketersediaan huntap, pemda akan memprioritaskan terlebih dahulu korban bencana yang memiliki lahan sendiri.

“Kita saat ini sebenarnya masih dalam posisi transisi darurat menuju pemulihan. Artinya, langkah-langkah yang diambil harus berdasarkan kondisi darurat,” kata Indah saat memimpin Rapat terkait Penanganan Strategis Percepatan Pembangunan Huntap bagi Korban Bencana Banjir Bandang, Selasa (5/1/2021).

Terkait pembangunan huntap, pemkab menyiapkan lahan seluas 16–20 hektar. Hal ini diungkap oleh Indah, bahwa pemda telah mendapatkan Nota Ajuan dari Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, berupa pemberian stimulan Dana Siap Pakai (DSP).

Dana stimulan ini lanjutnya, memprioritaskan pembangunan huntap bagi korban yang memiliki lahan sendiri.

“Dana ini sangat bergantung pada ketersediaan lahan. Makanya dibutuhkan kesiapan seluruh pihak. Nah, salah satu solusi yang kita tawarkan adalah memprioritaskan pembangunan huntap bagi warga terdampak yang memiliki lahan sendiri,” jelas dia.



“Kalau ada warga yang memiliki lahan sendiri, maka Pemda bisa segera bangunkan huntap, dan ini prosesnya malah bisa lebih cepat. Tidak perlu lagi menunggu ketersedian lahan,” sambungnya.

Untuk mempercepat ketersediaan lahan pembangunan huntap , lanjut dia pemkab telah membentuk Tim Terpadu yang melibatkan Perangkat Daerah terkait, Kejaksaan, TNI, Polri, APIP, BPN, Kecamatan dan Desa.

Sekadar diketahui, 50 unit huntap bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah resmi diserahterimakan seminggu yang lalu oleh Gubernur Sulawesi Selatan , Nurdin Abdullah, kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)