alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Menebas karena Terpancing Isu Santet, Begini Pandangan Tokoh Agama

Asrianto Suardi
Menebas karena Terpancing Isu Santet, Begini Pandangan Tokoh Agama
Lokasi Aswin (21) saat menebas tantenya sendiri Arti (50) gara-gara terpancing isu santet. Foto: SINDOnews/Asrianto Suardi

POLMAN - Arti (50), warga Kelurahan Matakali, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah setempat. Arti kritis, setelah ditebas menggunakan parang oleh keponakannya sendiri, Aswin (21).

Dari pemeriksaan awal pihak kepolisian, diduga Aswin menebas Arti karena menaruh curiga terhadap korban yang memiliki ilmu hitam.

Aswin menduga, Arti melakukan santet terhadap keluarganya. Sebab dalam rentetan waktu yang tidak beberapa lama, sebanyak tiga orang keluarga pelaku meninggal. Pertama tante pelaku bernama Nur Amilah meninggal, lalu menyusul ibunya, dan terakhir bapak pelaku.



Terkait adanya isu santet atau sihir, Ketua Nahdalatul Ulama (NU) Sulbar, Adnan Nota menjelaskan, bahwa sihir itu sudah ada sejak jaman nabi dan ada dalam Quran surah An-Nas.

"Ada orang yang punya kemampuan untuk menggerakkan ilmu hitam dan jelas dalam Al Quran," katanya, Selasa (30/7/2019).

Santet itu dalam konteks realitas sulit dibuktikan, tapi realitasnya kata dia memang ada yang punya kemampuan tersebut.

Baca juga: Dituduh Santet Keluarganya, Ponakan Tebas Tante Hingga Kritis

Ada juga orang yang mampu menggunakan mahkluk halus melalui media lain untuk mencederai orang, atau mempengaruhi jiwa orang.

"Cuma kita tidak boleh mengatakan atau menyimpulkan bahwa kejadian tersebut melakukan pembenaran dan benar apa yang disebutkan orang yang kesurupan tersebut adalah benar, siapa tahu dia cuma mengada-ada," ujarnya.

Kejadian seperti ini, kata Adnan, bisa jadi itu adalah akal muslihat atau tipu daya jin kafir yang memang untuk mengadu domba dan mencelakai manusia.

"Saya tidak mau kaitan dengan kasus tersebut. Kalau terkait sihirnya, memang ada orang yang mampu menjalankan ilmu hitam, tapi kita juga tidak bisa menyimpulkan bahwa apa yang dikatakan oleh orang yang kesurupan itu adalah benar," kata ketua NU Sulbar yang juga kepala Kemenag Majene ini.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook