AS Ingin Hidupkan Sanksi Berdasar Perjanjian Nuklir, Iran: Itu Klaim Bodoh!

Kamis, 14 Mei 2020 - 21:08 WIB
loading...
AS Ingin Hidupkan Sanksi Berdasar Perjanjian Nuklir, Iran: Itu Klaim Bodoh!
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, klaim AS bahwa mereka bisa menghidupkan sanksi PBB terhadap Teheran dibawah perjajian nuklir adalah klaim bodoh. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran , Mohammad Javad Zarif mengatakan, klaim Amerika Serikat (AS) bahwa mereka bisa menghidupkan sanksi PBB terhadap Teheran dibawah perjajian nuklir adalah klaim bodoh. Zarif menegaskann, AS bukan lagi bagian dari perjanjian tersebut.

Utusan khusus AS untuk Iran, Brian Hook sebelumnya mengatakan, Washington akan menghidupkan kembali sanksi PBB terhadap Iran, jika Dewan Keamanan (DK) tidak memperpanjang embargo senjata terhadap Teheran yang akan berakhir pada Oktober. ( Baca juga: AS Ancam Hidupkan Kembali Seluruh Sanksi PBB Terhadap Iran )

Dalam tulisannya di Wall Street Journal, Hook mengatakan, AS telah menyusun resolusi DK PBB mengenai hal ini dan akan terus maju dengan diplomasi, dan membangun dukungan atas resolusi itu. ( Baca juga: AS Ingin Hidupkan Sanksi Iran Berdasar Perjanjian Nuklir, Rusia: Itu Konyol! )

Zarif menuturkan bahwa dia tidak aneh dengan pernyataan yang dilontarkan oleh Hook. "Klaim bodoh oleh pejabat AS bukanlah hal baru," kata Zarf dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (14/5/2020).

"Tidak mengherankan untuk mendengar hal-hal seperti itu dari orang-orang yang merekomendasikan minum desinfektan untuk menangkal virus Corona, untuk berpendapat bahwa mereka masih merupakan pihak dalam perjanjian setelah secara resmi meninggalkannya," sambungnya.

Diplomat senior AS itu tampaknya merujuk pada saran Presiden AS, Donald Trump untuk penelitian apakah Covid-19 dapat diobati dengan menyuntikkan desinfektan ke dalam tubuh.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)