alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mengapa Cincin Kawin Disematkan di Jari Manis? Ini Faktanya

Sri S Syam
Mengapa Cincin Kawin Disematkan di Jari Manis? Ini Faktanya
Menyematkan cincin jari ke jari manis saat momen-momen istimewa adalah hal yang kerap dilakukan pasangan. Entah, kenapa memilih jari manis, padahal ada sepuluh jari yang bisa menjadi pilihan. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Menyematkan cincin jari ke jari manis saat momen-momen istimewa adalah hal yang kerap dilakukan pasangan. Entah, kenapa memilih jari manis, padahal ada sepuluh jari yang bisa menjadi pilihan.

Bukan tanpa sebab, nyatanya pemilihan jari manis sarat makna dan sejarah. Dalam kepercayaan Mesir Kuno_Engagement Ring Bible, jari manis merupakan jari yang menghubungkan pembuluh darah langsung ke jantung.

Secara filosofis, cinta memang dihubungkan dengan jantung. Ketika seseorang merasakan cinta, maka jantung akan berdebar cepat. Jantung juga merupakan organ vital yang menopang kehidupan, dan seperti itu juga simbolisme yang dikaitkan dengan seseorang yang dicintai, sosok yang bagaikan "jantung" sehingga mampu menopang berjalannya sebuah ikatan cinta.



Masyarakat Mesir Kuno mempercayai bahwa ini adalah simbol komitmen kepada orang lain, entah itu dalam hubungan partner bisnis, cinta atau bahkan perbudakan.

Kepercayaan Roma juga meyakini bahwa di jari manis di tangan terdapat pembuluh darah yang menghubungkan ke jantung, yang mana dalam Bahasa Latin disebut vena amoris, yang berarti pembuluh darah cinta.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook