alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Macan Persija akan Dijaga 5.000 Personel Mulai Datang Sampai Pulang

Faisal Mustafa
Macan Persija akan Dijaga 5.000 Personel Mulai Datang Sampai Pulang
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan 5.000 personil bertugas mengawal tim tamu Macan Kemayoran mulai dari datang hingga pulang. Foto : SINDOnews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) siap menurunkan 5.000 personel untuk mengamankan laga final leg kedua Piala Indonesia antara PSM Makassar dan Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta, Kota Makassar, Selasa (06/08/2019)mendatang.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menuturkan personil tersebut juga bertugas mengawal tim tamu Macan Kemayoran mulai dari datang hingga pulang.

"Kita akan melakukan pengamanan penuh. Kalau kemarin kita menerjunkan 4.000 personel, mungkin 6 Agustus 2019 nanti diterjunkan 5.000 personel gabungan," tukas Dicky kepada SINDOnews, Rabu (31/07/2019).



Dia menuturkan sedikitnya sepuluh Polres akan dilibatkan dalam pengamanan sebelum hingga selesainya gelaran final yang sempat tertunda ini. Kesepuluh Polres tersebut yakni, Polrestabes Makassar, Polres Pelabuhan, Polres Gowa, Polres Takalar dan Polres Jeneponto, Polres Maros, Polres Pangkep, Polres Barru, Polres Pinrang dan Polres Parepare.

Para personel nantinya akan ditempatkan dengan dilakukan tiga ring pengamanan. Ring satu yakni di dalam area stadion, para personel melekat pada penonton. Ring 2, ditempatkan di luar stadion untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terakhir di Ring 3, personel ditempatkan di jalan masuk dan keluar untuk mengatur arus lalu lintas serta mengatur akses datang dan pulang para suporter.

"Mekanisme pengamanan ini dilakukannya kepada setiap pemain, terutama dari tim Persija, begitu dia menginjakkan kakinya di kota Makassar itu menjadi tanggung jawab kami untuk berikan pengamanan kemanapun mereka pergi. Kita harapkan nanti tidak ada lagi keraguan tentang keamanan di Makassar ini, kami jamin insyallah Makassar aman selama pertandingan," jelasnya.

Sebelumnya, final leg kedua Piala Indonesia yang rencananya digelar pada 28 Juli 2019 lalu, ditunda. Penundaan ini lantaran tim tamu dari Persija enggan meladeni tim tuan rumah PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta dengan alasan keamanan.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook