Tim Mobile Satgas Covid-19 Tana Toraja Pantau Pasien Positif di Rembon

Kamis, 07 Januari 2021 - 17:28 WIB
loading...
Tim Mobile Satgas Covid-19 Tana Toraja Pantau Pasien Positif di Rembon
Relawan memberikan makanan kepada pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Di Tana Toraja, Tim Mobile Covid-19 meninjau seorang pasien Covid-19 yang tengah isolasi mandiri. Foto: SINDOphoto
A A A
TANA TORAJA - Tim Mobile dan Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja melakukan pemantauan langsung ke rumah warga positif Covid-19 berinisial AG di Kampung Tombang Bai, Desa Kayuosing, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja, Ria Tanggo mengatakan, AG menjalani isolasi mandiri sejak diketahui hasil swabnya positif pada 30 Desember 2020. AG saat ini dalam pengawasan Satgas Covid-19 puskesmas Batusura, Kecamatan Rembon.



Isolasi mandiri dilaksanakan di rumah orang tua AG dengan kamar terpisah dari anggota keluarga lain. AG tidak meninggalkan rumah begitupun dengan keluarganya.

Berdasarkan pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19, Kepmenkes No. HK. 01.07/MENKES/2020, bagi pasien terkonfirmasi tanpa gejala tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit, tetapi pasien harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari dengan dilakukan monitoring secara berkala, baik kunjungan langsung ke rumah maupun secara telemedicine oleh petugas kesehatan.



"Sejak menjalani masa isolasi mandiri , AG dalam pemantauan Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Tana Toraja. Pemantauan ini guna memastikan pasien tetap menjalani isolasi mandiri ," ujar Ria.

Dia mengatakan, dari hasil penelusuran Tim Mobile dan Satgas Covid-19 pada tanggal 4 Januari 2021, AG dan keluarga kontak erat sebanyak 10 orang. Mereka telah menjalani rapid antigen oleh petugas Satgas Covid-19 puskesmas Batu Sura dengan hasil nonreaktif.

Ria pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan , yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.



Pelaksanaan pemantauan diakhiri dengan pemberian bantuan dari Tim Mobile Covid-19 Tana Toraja kepada keluarga AG.

Sebagai informasi, Tim Mobile dan Satgas Covid-19 yang turut melakukan pemantauan di antaranya Kasat Intelkam AKP Slamet Paryanto. Ketua percepatan penanganan Covid-19 Tana Toraja, Crystal Rante Allo, Kadinkes Ria Tanggo dan Dokter Satgas Covid-19, Mardaria.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5042 seconds (0.1#10.140)