alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hati-hati! Sering Marah Bisa Bikin Badan Kamu Gendut

Sri S Syam
Hati-hati! Sering Marah Bisa Bikin Badan Kamu Gendut
Mungkin Anda sering bertanya-tanya, mengapa sangat mudah menjadi gemuk. Seorang ahli diet mengatakan, pertambahan berat badan juga bisa dipicu akibat sering meluapnya emosi negatif. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Mungkin Anda sering bertanya-tanya, mengapa sangat mudah menjadi gemuk. Seorang ahli diet mengatakan, pertambahan berat badan juga bisa dipicu akibat sering meluapnya emosi negatif.

Oleh karenya, kemarahan tidak sesederhana kelihatannya. Sebagai dampak marah, orang terbiasa mengambil langkah-langkah yang tidak disadari misalnya menyalahkan diri sendiri hingga makan makanan secara tidak terkontrol yang bisa mengakibatkan badan gemuk.

Tidak hanya menggambarkan keadaan emosional, dikutip dari laman Bright Side, terdapat proses kiwiawi dalam tubuh ketika kita marah. Saat kita emosional, ada adrenalin yang dilepaskan. Hal itu berdampak pada psikis, seolah kita siap bertarung.



Setelah tingkat adrenalin berkurang, kita cenderung merasa lapar. Menginginkan untuk memakan sesuatu, dan mengisi kembali energi yang hilang. Karena adrenalin bisa memicu kecemasan, kita cenderung mengambil makanan tanpa pikir panjang.

Dengan demikian, kita berpotensi mengonsumsi sesuatu yang tidak baik untuk tubuh atau tidak sehat, misalnya mengadung banyak lemak yang memicu badan gemuk.

Jika Anda terbiasa marah dan sulit mengontrol emosi, cobalah untuk tidak makan saat stres. Anda bisa bersihkan kulkas dari makanan yang mengandung lemak, dan tetap tahan diri saat berada di luar.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif