TOPIK TERPOPULER

Tak Hanya Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Deretan Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Okezone
Tak Hanya Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Deretan Manfaat Mentimun untuk Kesehatan
Mentimun memiliki banyak nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh serta bisa menangkal racun. Foto: Freepik

MAKASSAR - Mentimun kerap ditemukan sebagai hiasan pelengkap diatas piring untuk setiap makanan yang disajikan. Fungsinya tidak hanya untuk mempercantik hidangan makanan saja, tapi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Mentimun atau timun terkenal akan kandungan airnya yang banyak dan dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Mentimun juga memiliki banyak nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh serta bisa menangkal racun. Dikarenakan rasanya enak dan menyegarkan, mentimun sangat mudah ditambahkan ke makanan.



Nah, berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi mentimun untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan
Mentimun adalah salah satu pilihan penolong penurunan berat badan terbaik dan termudah yang tersedia secara alami. Bahkan, banyak ahli yang menganggapnya sebagai buah yang wajib dimiliki ketika seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan. Mentimun juga mengandung serat dan kandungan air yang baik, dan merupakan pilihan makanan rendah kalori yang sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Menghidrasi tubuh
Selain penting mengonsumsi 8 sampai 10 gelas air dan cairan lain dalam sehari, memakan mentimun juga efektif memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Timun memiliki kandungan air hingga 96 persen yang dapat membuat Anda tetap terhidrasi. Ini juga bisa menjadi pilihan camilan yang sehat.

Baca Juga: Ritual Mandi yang Memanjakan dengan Body Care Mentimun dan Lemon

3. Meredakan pegal dan nyeri sendi
Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, mentimun juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Mereka juga bekerja sebagai agen penyembuhan yang baik dalam kasus nyeri. Studi tertentu menunjukkan bahwa mentimun dengan "efek pendinginan" bisa mencegah dan mengontrol respons peradangan dalam tubuh dan menghasilkan enzim yang baik yang mengurangi rasa sakit.



4. Baik untuk gusi
Mentimun dapat membantu mengatur keseimbangan asam di mulut, menjaga keseimbangan pH, yang membantu tubuh mencegah dan menyembuhkan luka kecil dan luka dalam waktu yang lebih singkat. Mengunyah mentimun secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit gusi dan penyakit gigi.

5. Meningkatkan aliran darah
Mentimun kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan bermanfaat bagi fungsi vital. Antioksidan tinggi yang ada dalam buah-buahan seperti timun dapat membantu mengatur aliran darah, mengatasi radikal bebas, dan meregenerasi pertumbuhan jaringan dalam tubuh.

6. Membantu mengeluarkan racun
Tidak hanya mengatasi dehidrasi, mentimun juga mengandung banyak serat yang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, juga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik. Kadar magnesium dan kalium dalam buah ini juga membantu menghilangkan masalah seperti retensi air, kembung, dan penyakit usus.

7. Mengatur tingkat kolesterol
Mentimun mengandung tingkat pektin yang sehat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah, menghilangkan racun, dan menjaga kesehatan jantung. Para ahli juga percaya bahwa timun juga dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan bahkan, hingga titik tertentu, mengontrol peningkatan gula darah. Makan lebih banyak mentimun juga bisa mengatur kadar ROC dan ROS (zat perusak sel yang tercipta saat seseorang memiliki kadar gula darah tinggi).

Baca Juga: Siapa Sangka, Khasiat Timun Rebus Ternyata Ampuh Bunuh Sel Kanker



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!