alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mengintip Tank Masa Depan Israel dengan Sistem Kendali Mirip Video Game

Tim Sindonews
Mengintip Tank Masa Depan Israel dengan Sistem Kendali Mirip Video Game
Protipe tank tempur Israel dengan sistem kendali mirip video game. Foto : Istimewa

TEL AVIV - Israel pada Minggu (4/8) mengungkap protipe tank tempur masa depannya yang sedang dikembangkan. Tank tempur itu dilengkapi teknologi super canggih. Di antaranya yakni layar sentuh besar dan visi 360 derajat. Bahkan, dalam salah satu protipenya ditampilkan menggunakan sistem kendali yang mirip video game.

Dilansir dari AFP via laman alarabiya, Kementerian Pertahanan menginginkan tank tempur dengan palka tertutup yang dapat dioperasikan oleh dua tentara, bukannya empat tentara. Sumber dari pejabat yang terlibat dalam proyek itu, menyampaikan bila mampu terealisasi tentunya akan menjadi prestasi yang langka.

Kementerian Pertahanan Israel sudah menugaskan askan tiga perusahaan Israel untuk pengembangan protipe tank tempur itu. Di antaranya yakni Israel Aerospace Industries dan Rafael Advanced Defence Systems, bersama dengan Elbit Systems.



Proyek pengembangan truk tempur canggih itu dinamakan Carmel, yang diluncurkan tiga tahun lalu. Proyek Carmel bertujuan bukan sebatas mengembangkan kendaraan lapis baja, melainkan otak dan sensornya, yang akan dipasang pada tank tempur yang sudah ada.

Sejauh ini, setelah melakukan pengembangan, kolaborasi tiga perusahaan berhasil membuat tank lapis baja yang dikendalikan dua orang. Kendaraan tersebut juga memiliki opsi kendali otomatis dan dapat mengidentifikasi target dengan bantuan sensor dan kamera, yang digabungkan dengan kecerdasan buatan dan fitur lainnya.

"Ini adalah konsep revolusioner yang didasarkan pada teknologi mutakhir," Brigadir Jenderal Yaniv Rotem, kepala penelitian dan pengembangan militer Kementerian Pertahanan Israel, kepada wartawan.

"Banyak negara dan banyak tentara mencari kendaraan lapis baja di masa depan."

Israel dikabarkan sudah menunjukkan opsi untuk proyek itu kepada perwakilan militer AS pada hari Minggu dan berencana untuk melakukan hal yang sama untuk negara lain. Tiga perusahaan mempresentasikan model tank dilengkapi dengan teknologi mereka di pangkalan militer di Israel utara.

Di dalam, tentara melihat kombinasi layar besar dan menggunakan berbagai metode mengendalikan kendaraan dan persenjataannya. Salah satu opsi menggunakan pengontrol gaya video game.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook