alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Sulsel Minta Perguruan Tinggi Perkuat Riset

Tim Sindonews
Gubernur Sulsel Minta Perguruan Tinggi Perkuat Riset
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah saat berbicara di hadapan akademisi dan mahasiswa Unhas. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah meminta perguruan tinggi di Sulsel memperkuat riset teknologi untuk ditransformasi ke masyarakat atau penyuluh lapangan.

Permintaan ini kata Nurdin untuk mendukung pemerintah dalam menghasilkan produksi yang unggul dan kompetitif, sehingga memperkuat ekspor di sektor pertanian. Termasuk penguatan Sulsel sebagai lumbung pangan nasional terdepan.

"Kan sekarang ini permintaan ekspor hasil pertanian unggulan kita itu cukup tinggi dari berbagai mancanegara, apalagi sekarang dengan sistem diret call ekspor Sulsel sudah bisa dari pelabuhan Makassar langsung ke negara tujuan," beber Nurdin Abdullah dalam keterangan yang diterima SINDOnews.



Menurut mantan Bupati Kabupaten Bantaeng dua periode itu, kampus memiliki sumber daya untuk melakukan riset yang dia maksud.

"Kampus perguruan tinggi memiliki sejumlah pakar keahlian dalam berbagai bidang, untuk itu kita akan bersinergi dan meminta perguruan tinggi, seperti Unhas dan perguruan tinggi lainnya agar dapat menguatkan riset teknologi Iptek untuk ditransformasi ke masyarakat ataupun ke penyuluh lapangan," sambung Nurdin.

"Transfer knowledge yang pada ujungnya hasil produksi kita memiliki keunggulan dan kompetitif yang berdampak terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi daerah," kata Nurdin lagi.

Nurdin menambahkan, bahwa saat ini pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Sulsel masih didominasi dari pajak kendaraan. Padahal kata dia, PDB Sulsel semestinya didominasi dari sektor pertanian. Sebab mayoritas penduduk Sulsel adalah petani.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sulsel, Andi Hasdullah mengungkapkan bahwa persaingan ekspor produk pertanian saat ini sangat ketat di kancah internasional, baik dari aspek kuantitas, mutu dan harga.

Kondisi itu kata Hasdullah membuat efesiensi dan keunggulan sangat diperlukan melalui peran riset teknologi tepat guna.

Sebelumnya, dalam paparannya di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa pembangunan bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan di Sulsel akan dipacu dengan memberi peran perguruan tinggi untuk melakukan dan membantu menerapkan riset teknologi.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook