alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bank Indonesia Hadirkan BI Corner di SMA Athirah

Marhawanti Sehe
Bank Indonesia Hadirkan BI Corner di SMA Athirah
Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang Kusmiarso, menyampaikan sambutan pada launching BI Corner di SMA Islam Athirah, Jalan Kajaolalido. Foto: SINDOnews/Marhawanti Sehe

MAKASSAR - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menghadirkan BI Corner sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kali ini, BI Sulsel menggandeng SMA Islam Athirah yang berlokasi di Jalan Kajaolalido.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang Kusmiarso yang ditemui usai launching BI Corner, mengatakan, BI Sulsel terus berupaya meningkatkan kualitas SDM dan hal itu bisa dimulai darimana saja termasuk sekolah menengah atas.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting dilakukan karena kualitas SDM sangat menentukan kemajuan Indonesia. Dan para siswa SMA merupakan generasi penerus yang memiliki tanggung jawab itu.



“Jadi kembali lagi, karena kami melihat SDM itu penting untuk kemajuan Indonesia dimanapun posisinya itu akan kita lakukan di SLTA tentunya calon penerus bangsa dimanapun dimulai di level mana pun,” katanya, Senin (5/8/2019).

Bambang menjelaskan, sebelum menggandeng institusi pendidikan untuk pembuatan BI Corner telah dilakukan seleksi apakah institusi tersebut sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh BI. Diantaranya ketersediaan infrastruktur serta potensi fasilitas tersebut dimanfaatkan atau hanya akan terabaikan.

“Kembali lagi apa yang kita lakukan sudah melalui proses seleksi, tidak semua yang mengajukan akan kita setujui. Ada beberapa kriteria-kriteria yang harus terpenuhi dan termasuk diantaranya kita melihat bahwa dia ini pas karena kita ingin sesuatu yang ingin kita sampaikan, kita beri bantuan itu, bermanfaat, jangan terabaikan begitu saja,” tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Bambang, level pendidikan tidak menjadi masalah untuk penyediaan fasilitas BI Corner. Karena fungsi BI Corner sendiri adalah membuka cakrawala berpikir, memberikan fasilitas untuk membaca, menulis, dan berdiskusi serta utamanya menggelar kegiatan bedah buku.

“Kalau kita lihat di negara luar, mereka setia pergi yang dibawa adalah buku bacaan karena dengan membaca itu ada inspirasi, pengetahuan dan susunan kalimat atau kosa kata. Dengan gemar membaca, kami harapkan Indonesia akan semakin makmur lagi dan lebih adil dan sejahtera,” katanya.

Bambang mengaku, pihaknya juga akan memberikan fasilitas berupa kemudahan akses jurnal ilmiah yang terkenal sulit untuk didapatkan dan biasanya tergolong mahal.

“Basic nya terkait dengan ekonomi karena ini kan dalam rangka mendorong ekonomi dan sebagainya. Buku digital dan jurnal sampai ilmiah dan negara dari luar juga akan kami sediakan. Masalahnya orang kalau mau dapat jurnal itu susah dan mahal sehingga dengan akses di sini, kalau ada yang perlu, kami fasilitasi,” tutup dia.



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook