Polisi Jamin Keamanan Setelah Penyergapan Jaringan JAD di Sulsel

Jum'at, 08 Januari 2021 - 18:42 WIB
loading...
Polisi Jamin Keamanan Setelah Penyergapan Jaringan JAD di Sulsel
Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam beserta jajarannya memperlihatkan barang bukti senjata tajam, senapan, dan foto terduga teroris saat rilis kasus terorisme di Mapolda Sulsel, Makassar, Kamis, (08/01/2021). Foto: Sindonews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel menjamin keamanan masyarakat di berbagai daerah, setelah penyergapan kelompok jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) , terduga teroris di lima titik antara lain Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Enrekang, Rabu (6/1/2021).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel , Kombes Pol E Zulpan meminta masyarakat tak perlu khawatir, terlebih orang-orang yang ditangkap dan dilumpuhkan adalah pentolan jaringan JAD di Sulsel. Dia meyakini Polri akan terus mengawal setiap upaya-upaya radikalisme berbahaya.

"Kepada seluruh masyarakat Sulsel tenang saja. Percayakan kepada Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat yang bekerja 24 jam. Kami jamin aman. Tidak usah khawatir," ungkap Zulpan kepada Sindonews, Jumat, (8/1/2021).



Menurut dia, secara umum, Sulsel sebenarnya masih cukup aman dari serangan paham radikal dan intoleran kelompok JAD . Namun Zulpan juga mengakui ada sebagian kecil wilayah yang jadi atensi terkait keberadaan jaringan ini, antara lain Makassar, Gowa dan Enrekang.

"Yang tertangkap itu sebagian kecil saja, artinya kita harus waspada bahaya teroris, karena bisa timbul di sekitar kita tanpa kita sadari. Oleh sebab itu, butuh bantuan semua pihak, pemerintah, tokoh agama, untuk bagaimana menyadarkan masyarakat agar memiliki iman kuat dalam agama," ucapnya.

Polri kata Zulpan, tengah mengupayakan mencari informasi dan mengembangkan struktur JAD di Sulsel maupun di luar wilayah ini. Mengingat fakta ditemukan ada sekitar ratusan orang yang ikut dalam paham menyimpang melalui program deradikalisasi.

"Karena itu merupakan salah satu program Polri bagaimana masyarakat tidak berpikir radikal. Tapi lagi-lagi ini perlu bantuan semua pihak, mulai dari pemerintah bawah sampai atas dan juga tokoh masyarakat. Satu hal kami harap semua tenang, situasinya sudah aman," tegasnya.



Perwira menengah Polri tiga bunga ini menyatakan, salah satu upaya mengidentifikasi kelompok serupa adalah aktif melaporkan hal-hal dari orang yang dicurigai dengan beberapa ciri-ciri seperti menutup diri, serta nomaden atau berpindah-pindah tempat tinggal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)