alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Maros : Jangan Bungkus Daging Kurban Pakai Kantong Plastik

Najmi Limonu
Bupati Maros : Jangan Bungkus Daging Kurban Pakai Kantong Plastik
Penggunaan kantong plastik disarankan untuk dihindari dalam membungkus daging kurban. Foto :SINDOnews

MAROS - Menjelang Idul Adha 1440 Hijriah, Bupati Maros, HM Hatta Rahman, mengimbau panitia kurban untuk mengemas hewan kurban tidak lagi menggunakan kantong kresek atau plastik.

Dia secara khusus meminta panitia untuk menggunakan besek untuk membungkus daging. Itu dapat dilakukan dengan menggunakan daun kelapa atau anyaman bambu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Pasalnya sampah sulit terurai dan akan berdampak pada lingkungan.

"Kita menghimbau panitia kurban untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan plastik. Ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat untuk rayakan Idul Adha tanpa kantong plastik. Makanya, kami meminta warga menggunakan anyaman bambu. Apalagi Kabupaten Maros merupakan salah satu kabupaten penghasil bambu," jelasnya kepada wartawan.



Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Maros, Frans Johan mengatakan seluruh proses idul kurban tidak lagi menggunakan kantong sekali pakai. Ini juga sebagai bentuk dukungan kaum muslim untuk berkonstribusi menjaga lingkungan hidup pada momen Hari Idul Adha 1440 hijriah.

"Dampak plastik ini memang sudah sedemikian rupa parah. Apalagi Indonesia memang penyumbang terbesar untuk penghasilan sampah,. Makanya kami mengajak kaum muslim berkonstribusi untuk mengurangi penggunaan kantong sampah pada Idul Adha mendatang, dengan menggunakan besek bambu untuk membungkus daging kurban," jelasnya.

Dia menambahkan, stop pembuangan sampah plastik memang pada dasarnya harus dimulai dari diri sendiri. Karena itu, Dia meminta untuk lingkup ASN, untuk membawa tumbler atau gelas plastik sendiri di setiap ada kegiatan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook