TOPIK TERPOPULER

PTSL Dimulai Januari, ATR/BPN Ingatkan Warga Parepare Syarat Pendaftaran

Darwiaty Dalle
PTSL Dimulai Januari, ATR/BPN Ingatkan Warga Parepare Syarat Pendaftaran
Ilustrasi. Foto: Istimewa

PAREPARE - Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Parepare bekerja sama dengan pemerintah Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung menggelar penyuluhan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2021 di aula kantor Kelurahan Lapadde, Jumat (8/01/2021).

Kepala Kantor ATR/BPN Parepare Kamaruddin mengimbau masyarakat yang hendak mengurus sertifikat tanah gratis tahun ini melalui program PTSL, agar segera menyiapkan dokumen kepemilikan tanah dan persyaratan lainnya. Sebab, program ini dimulai bulan ini  untuk pengukuran dan pemetaan.



Baca juga: Kementerian ATR/BPN Tertibkan Pemanfaatan Ruang dan Lahan

“Ada dua keompok dalam tim PTSL, yakni pengukuran dan bagian administrasi. Pihak kelurahan juga telah membuka posko khusus pegawai BPN berkantor di Kelurahan Lapadde, untuk tim Kelurahan Lapadde, agar menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program PTSL," papar Kamaruddin.

Pihaknya, tambah Kamaruddin, juga akan melakukan inventarisasi dan verifikasi terhadap kepemilikan tanah warga masyarakat dan aset pemerintah, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program strategis nasional tersebut.

Baca juga: Tahun 2020 Kementerian ATR/BPN Bereskan 1.228 Perkara Rebutan Lahan

Sementara itu, Lurah Lapadde, Sri Meiriany menjelaskan, Lapadde mendapat kuota 300 bidang pada program PTSL tahun ini. Masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti program tersebut. Ia menyarankan warga untuk mendaftar dengan membawa dokumen pendukung seperti KTP, KK, dan berkas atau surat yang dimaksudkan untuk didaftarkan di PTSL. Berkas itu kata dia langsung dibawa ke kantor Kelurahan Lapadde.



“Kami meminta ada kantor sekretariat dari kantor BPN khusus untuk masa PTSL ini berlangsung, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait syarat-syarat pendaftaran PTSL tersebut," tandasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!