alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Selain Susu, Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Setelah Minum Obat

Sri S Syam
Selain Susu, Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini Setelah Minum Obat
Pada umumnya, obat mengandung zat tertentu yang dapat menimbulkan efek interaksi obat jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain, suplemen, atau makanan dan minuman tertentu, tak terkecuali beberapa jenis makanan dibawah ini. Foto : Ilustrasi/Istim

MAKASSAR - Minum susu setelah minum obat dipercaya dapat membantu mengurangi efek samping obat. Namun, hal itu tidak berlaku untuk semua jenis obat. Ada obat-obatan tertentu yang justru dapat menimbulkan efek buruk jika dikonsumsi bersamaan dengan susu.

Pada umumnya, obat mengandung zat tertentu yang dapat menimbulkan efek interaksi obat jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain, suplemen, atau makanan dan minuman tertentu, tak terkecuali beberapa jenis makanan dibawah ini.  Dilansir dari berbagai sumber, disarankan untuk tidak mengonsumsinya setelah minum obat, demi kesehatanmu.

1. Jeruk
Sebagian dari Anda mungkin kesulitan untuk minum obat. Dan untuk menyiasatinya, Anda pun menggunakan buah. Sayangnya, jeruk bukan pilihan yang tepat. Sebab jeruk dapat mengubah sel-sel tertentu dalam usus Anda untuk bereaksi pada lebih dari 50 jenis obat. Sebagai contohnya adalah obat Fexofenadine untuk alergi yang menjadi kurang efektif apabila setelahnya diberikan jeruk.



2. Cokelat Hitam
Cokelat hitam secara khususudapat melamahkan efek obat seperti obat penenang dan penolong tidur, Zolpidem tartrate. Selain itu cokelat hitam juga dapat meningkatkan kekuatan beberapa obat bstimulan seperti methylphenidate. Dan jika Anda menggunakan inhibitor MAO yang digunakan untuk mengobati depresi, cokelat hitam dapat membuat tekanan darah Anda menjadi sangat tinggi.

3. Kopi
Minum kopi setelah menenggak obat bukanlah hal yang tepat. Sebab, ini dapat melemahkan obat antipsikotik seperti lithium dan clozapine. Selain itu, kopi juga dipercaya meningkatkan efek samping dari obat seperti aspirin, epinefrin dan albuterol.

4. Vitamin K
Jika Anda mengonsumsi obat yang digunakan untuk mengobati dan mencegah pembekuan darah seperti warfarin, hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin K yang meliputi blokoli, kangkung dan bayam. Sebab, ini justru akan membuat Anda beresiko lebih tinggi mengalami pembekuan darah.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook