alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemarau Panjang, Sumber Air di Takalar Mulai Mengering

Herni Amir
Kemarau Panjang, Sumber Air di Takalar Mulai Mengering
Warga di Desa Bontomanai, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar saat tengah mengambil air di salah satu sumur. Dampak musim kemarau membuat beberapa sumur mengalami kekeringan. Foto: SINDOnews/Herni Amir

TAKALAR - Dampak dari musim kemarau yang terjadi tahun ini mulai dirasakan warga di Desa Bontomanai, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Ribuan keluarga di 6 dusun yang ada di Desa tersebut kesulitan mendapatkan air bersih. Beberapa sumur milik warga yang biasanya menjadi sumber air untuk keperluan sehari-hari sudah kering.

Saat ini tersisa satu sumur yang masih memiliki air yang bisa digunakan warga sekitar. Namun volume air di sumur tersebut juga sudah menipis.



"Sejak bulan Mei kemarin, beberapa sumur disini sudah kering akibat kemarau," ungkap Daeng Raja salah seorang warga Bontomanai, Rabu (7/8/2019).

Untuk mendapatkan air dari sumur itu, warga harus rela mengantre hingga malam hari serta berjalan kaki puluhan kilometer.

"Kami disini bermatapencarian petani dan peternak. Untuk kebutuhan sehari-hari saja sulit apalagi untuk tanaman dan ternak kami," katanya.

Dia mengaku, kekeringan yang terjadi pada tahun ini merupakan yang terparah dibanding tiga tahun terakhir. Sayangnya belum ada bantuan air bersih dari pemerintah.

Dia berharap, ada bantuan dari pemerintah setempat untuk distribusi air bersih yang merata di desa tersebut.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook