alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wabup Pangkep Sebut KKN UMI Berhasil Bantu Kembangkan Potensi Desa

Marhawanti Sehe
Wabup Pangkep Sebut KKN UMI Berhasil Bantu Kembangkan Potensi Desa
Rombongan UMI saat bertemu dengan Wabup Pangkep, Syahban Sammana. Foto: Istimewa

PANGKEP - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Pangkep, Syahban Samanna menyebut, mahasiswa KKN Universitas Muslim Indonesia (UMI) cukup banyak membantu mengembangkan potensi desa di wilayahnya. Itu diungkap Syahban saat menerima rombongan UMI di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (7/8/2019).

Menurut Syahban, kehadiran mahasiswa KKN UMI banyak membantu pemerintah, khususnya dalam memberikan pendampingan berupa program yang langsung menyentuh dan sesuai kebutuhan masyarakat. Berbagai program yang telah dilaksanakan mahasiswa, dia nilai bersinergi dengan pemerintah.

Program yang dimaksud Syahban diantaranya seperti pengembangan ekonomi produktivitas desa Bumdes, green house dan beberapa lainnya.



"Kami mendapatkan laporan bahwa mahasiswa KKN UMI diharap masih bisa bertambah harinya. Mereka terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan program masyarakat sehat. Misalnya mengembangkan website desa serta membuat video dokumenter desa," katanya.

Wakil Rektor I UMI, Hanafi Ashad mengatakan, KKN UMI kali ini adalah KKN tematik, yang merupakan program pengabdian yang fokus dan spesifik. Sehingga relevan dengan kebutuhan masyarakat dengan program pembangunan daerah atau pemerintah.

Menurutnya, program KKN merupakan salah satu program implementasi tri darma perguruan tinggi. Yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang lebih terfokus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Anak-anakku tentu dalam berinteraksi dengan masyarakat mendesain program yang dinilai mampu diwujudkan sesuai alokasi waktu yang tersedia selama sebulan dan mengutamakan program berorientasi kebutuhan masyarakat dengan menyesuaikan skill dan keilmuwan yang dimiliki dan menjalin sinergitas dengan masyarakat," katanya.

Sebagai informasi, mahasiswa KKN UMI yang akan penarikan tanggal 16 Agustus 2019 ini berjumlah sebanyak 253 mahasiswa sebagai KKN reguler Angkatan 63. Mahasiswa KKN UMI disebar di enam kecamatan di Kabupaten Pangkep. Masing-masing Liukang Tuppa’ Biring Utara, Labakkang, Ma’rang, Bungoro, Segeri, dan Mandall.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook