Nurdin Abdullah Resmikan Lima Ruas Jalan Beton di Kabupaten Wajo

Minggu, 10 Januari 2021 - 08:07 WIB
loading...
Nurdin Abdullah Resmikan Lima Ruas Jalan Beton di Kabupaten Wajo
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah hadir meresmikan lima ruas jalan beton di empat kecamatan di Kabupaten Wajo, Sabtu (9/1/2020). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah hadir meresmikan lima ruas jalan beton di empat kecamatan di Kabupaten Wajo yang berhasil dibangun dalam kurun waktu satu tahun. Jalan ini dibangun melalui dana transfer APBD tahun 2020 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel sebesar Rp29 miliar lebih.

Lima ruas jalan yang dibangun, diantaranya ruas jalan di Kecamatan Maniangpajo-Minangatellue sepanjang 2,28 kilometer, ruas jalan Rusa Kecamatan Tempe sepanjang 1.110 meter, ruas jalan Garuda di Kecamatan Tempe sepanjang 1.729 meter, ruas jalan Canru-Liu Kecamatan Sabbangparu sepanjang 1.350 meter, serta ruas jalan Liwa/Ujungkessi-Macero Kecamatan Tanasitolo-Belawa sepanjang 1.437 meter.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat meresmikan proyek peningkatan lima ruas jalan yang dipusatkan di Desa Liu, Kecamatan Sabbangparu, menyebutkan lima ruas jalan yang berhasil dikerjakan merupakan langkah kolaborasi yang baik antara Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, DPRD Provinsi dan Kabupaten serta Forkopimda.

"Lima ruas jalan yang sudah diselesaikan melalui bantuan keuangan daerah ini adalah wujud sinergi yang kita bangun. Bayangkan kalau provinsi dan kabupaten jalan sendiri-sendiri, kalau kita berkolaborasi memberikan kewenangan kepada Pak Bupati yang mana program prioritas, kita berbagi tugas yang mana dikerjakan kabupaten, yang mana dikerjakan provinsi, dan yang mana dikerjakan pusat," ujar Nurdin Abdullah , Sabtu (9/1/2021).



Dalam kesempatan ini, Nurdin menyampaikan akan kembali menyalurkan dana bantuan keuangan daerah bagi Kabupaten Wajo sebagaimana yang telah dilaksanakan selama dua tahun.

"Tahun 2021 akan lebih besar lagi bantuan provinsi ke sini, nanti Pak Bupati sendiri yang mengumumkan apa yang akan dikerjakan karena ini adalah daerah otonom dan kewenangannya ada di Pak Bupati," terang Nurdin Abdullah .

Sementara Bupati Wajo , Amran Mahmud menyebutkan, bantuan keuangan yang diberikan Pemprov dalam dua tahun berturut-turut hasilnya kini dapat dinikmati masyarakat. Pada tahun 2017 bantuan keuangan daerah yang diterima wilayahnya dari Pemprov Sulsel berjumlah Rp 72 miliar.

Sementara tahun 2020 yang bertepatan dengan wabah pandemi Covid-19, Pemprov Sulsel tetap menyalurkan dana bantuan keuangan bagi Kabupaten Wajo senilai Rp29 miliar lebih.

"Sudah dua tahun kami rasakan bagaimana support Bapak Gubernur, kami dibantu dengan berbagai program dari provinsi. Tahun 2019, bantuan senilai Rp72 miliar dan di tahun 2020 walaupun dalam kondisi Covid, mungkin kita tidak berharap lagi, kecipratan anggaran Rp29 miliar untuk men-support lima ruas jalan beton," jelasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2646 seconds (0.1#10.140)