alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tinjau Pembangunan Kodim Mamasa, Pangdam Targetkan Rampung 2019

Asrianto Suardi
Tinjau Pembangunan Kodim Mamasa, Pangdam Targetkan Rampung 2019
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi meninjau lokasi pembangunan markas Kodim Mamasa di Desa Tondobakaru, Kecamatan Mamasa, Kamis (8/8/2019)

MAKASSAR - Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, meninjau langsung pembangunan markas Komando Distrik Militer (Kodim) Mamasa, Kamis (8/8/2019). Lokasinya terletak di Desa Tondobakaru, Kecamatan Mamasa.

Pangdam tiba di Mamasa didampingi oleh Danrem 142 Tatag, Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto; Dandim 1402/ Polmas, Letkol Arh Dedi Setia Arianto, dan dihadiri oleh Bupati Mamasa, Ramlan Badawi serta beberapa pejabat lainnya.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan kunjungan yang dilakukan ke Kabupaten Mamasa guna melihat secara langsung proses pembangunan markas Kodim Mamasa.



Ia bercerita sejak Indonesia merdeka, Mamasa belum memiliki Kodim, meski telah memiliki empat Koramil. Namun, satuan itu masih dibawahi Kodim 1402/Polmas. Olehnya itu, kehadiran Kodim Mamasa sangatlah penting dan sesuai kebutuhan.

Dalam kunjungannya itu, Pangdam juga melakukan evaluasi dan meminta agar proses pembangunan markas Kodim Mamasa bisa dipercepat. Ditargetkannya markas baru itu sudah bisa rampung pada tahun 2019 ini, lalu akan menyusul pembentukan struktur Kodim Mamasa.

"Saat ini ada empat Koramil yang membawahi (masing-masing) empat kecamatan. Ke depannya tentu juga ditingkatkan sebab terlalu banyak yang ditangani dari 17 kecamatan di Kabupaten Mamasa," tutur dia.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas, Letkol Arh Dedi Setia Arianto, mengatakan selama ini wilayah teritorialnya memang menaungi dua wilayah yakni Polman dan Mamasa. Bila Kodim Mamasa sudah terbentuk, maka tentunya secara struktur pun akan dilakukan pemisahan.

"Kodim 1402/Polmas nomornya tetap, hanya berganti nama Polman. Kalau Mamasa belum ada nomornya menunggu komando dari atas," ujarnya.

Dedi menyebut pembagian wilayah teritorial pembinaan akan berdampak positif pada kinerja. Musababnya, cakupan lebih sempit sehingga pihaknya akan lebih fokus ke Polman.

Terkait struktur dan personel, Dedi mengatakan akan diatur nantinya, menunggu perintah dari pimpinan. Ia berharap ke depannya akan ada penambahan personel di tiap masing-masing Kodim.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook