alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU se-Sulsel Godok Jadwal Penetapan Caleg Terpilih

Muhaimin
KPU se-Sulsel Godok Jadwal Penetapan Caleg Terpilih
KPU se-Sulsel kini mulai menggodok jadwal penetapan caleg terpilih di seluruh daerah. Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Sejumlah KPU kabupaten/kota se-Sulsel mulai menggodok jadwal penetapan calon legislatif (caleg) DPRD terpilih di daerahnya masing-masing. Itu setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 untuk Parpol di Sulsel.

Ketua KPU Luwu Timur, Zainal mengaku telah menerima surat putusan dari KPU RI untuk segera menetapkan 30 caleg terpilih dalam lima hari ke depan. Terhitung dari (7/8/2019) lalu sejak KPU Luwu Timur menerima instruksi dari KPU RI.

“Hari ini kami sementara rapatkan untuk mengambil keputusan jadwal penetapan caleg terpilih. Apakah (jadwalnya) besok (Jumat) atau lusa (Sabtu) kami tetapkan,” kata Zainal saat dihubungi, Kamis (8/8/2019).



Meski begitu, dia menegaskan pihaknya akan menetapkan caleg terpilih akhir pekan ini. Lantaran jika merujuk pada lima hari setelah menerima instruksi dari KPU RI yakni 11 Agustus, maka akan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

“Sabtu lah (kita tetapkan). Karena tidak mungkin kita penetapan (lewat dari Sabtu), karena kalua berhitung lima hari berarti dia masuk tanggal 11 (Agustus) dan itu pas masuk hari terakhir dan lebaran. Jadi kami upayakan ini, paling lambat hari Sabtu,” tegasnya.

KPU Selayar juga telah menerima laporan hasil putusan PHPU yang terjadi di Selayar pada lingkup sengketa kursi di DPRD Selayar. Dimana gugatan tiga partai politik yakni PDIP, Golkar dan PKS dinyatakan ditolak oleh MK.

Maka dari itu, KPU Selayar juga sementara menggodok jadwal penetapan 25 caleg terpilih di DPRD Selayar. Ketua KPU Selayar, Nandar Djamaluddin mengaku tengah menyiapkan persiapan penetapannya.

“Sesuai PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) dan regulasi yang mengatur lima hari paling lambat pembacaan putusan atau diunggah di website MK. Jadi kami sudah persiapkan, Insya Allah tanggal 13 Agustus hari Selasa penetapannya,” tuturnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif