alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PDAM Makassar Berencana Bangun Sistem Penyedia Air Minum

Vivi Riski Indriani
PDAM Makassar Berencana Bangun Sistem Penyedia Air Minum
PDAM Kota Makassar berencana membangun fasilitas penyedia air minum untuk memenuhi pasokan air bersih di wilayah Utara dan Timur Makassar. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar rencananya akan membangun Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) di Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Tujuannya, untuk memenuhi pasokan air bersih di wilayah Utara dan Timur Kota Makassar.

Pembangunan SPAM ini akan mulai ditender tahun ini dan ditargetkan rampung pada 2021 mendatang, melalui sistem investasi kerjasama dalam negeri. Pembangunan SPAM Tallo ini dinilai penting. Pasalnya, PDAM Kota Makassar masih mengalami keterbatasan instalasi untuk memasok air bersih di kawasan tersebut.

"Saat ini posisi cakupan air bersih kita baru sekitar 73 persen. Kalau SPAM Tallo ini berhasil kita bangun dan beroperasi 2021, mungkin cakupan kita bisa mencapai 80 persen sampai 90 persen pelayanan air bersih ke masyarakat, dengan debit air 1000 liter per detik," kata Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Haris Yasin Limpo.



Dia berharap agar pembangunan SPAM Tallo ini sedikitnya bisa mengurangi keluhan masyarakat di wilayah Utara dan Timur Kota Makassar. Terlebih jika musim kemarau tiba yang mengakibatkan warga di wilayah tersebut menjerit lantaran kekurangan air bersih.

"Kalau ini dibangun berarti layanan kita di Kecamatan Biringkanayya dan Tamalanrea itu bisa kita maksimalkan, dan untuk utara kota itu kita bisa alihkan supaya mereka bisa mendapat air bersih selama 24 jam," terangnya.

Meski tidak merinci secara jelas, namun Haris menyebutkan nilai investasi pembangunan SPAM Tallo mencapai ratusan miliar. Sebab, selain membangun sistem pengelolaan air bersih, pihaknya juga akan membangun bendungan untuk mengantisipasi masuknya air asin jika terjadi pasang air laut.

"Kita ini rawan intrusi air asin, sehingga kita tidak mau kejadian seperti yang ada di Maccini Sombala terulang. Ketika tanggul itu bocor, kita tidak bisa beroperasi. Makanya, sekalian kita bangun bendungannya juga," ujarnya.

Meski begitu, Haris berharap agar dalam waktu dekat pihaknya bisa menyediakan lahan di wilayah pembangunan.

"Tugas kita sekarang menyediakan lahan, mudah-mudahan warga disana tidak ada yang menjual dengan harga yang tinggi karena ini untuk mereka juga," tuturnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif