TOPIK TERPOPULER

Hasil Studi Sebut Cokelat Panas Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Okezone
Hasil Studi Sebut Cokelat Panas Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak
Hasil studi menemukan bahwa cokelat panas bisa meningkatkan kemampuan kerja otak. Foto: Ilustrasi/TimesofIndia

MAKASSAR - Beberapa orang terlahir dengan kecerdasan otak alami. Sedangkan beberapa lainnya harus bekerja keras dan menerapkan pola hidup tertentu agar bisa meningkatkan kualitas fungsi otak. Mulai dari disiplin mengonsumsi makanan sehat, melakukan aktivitas fisik, serta rajin belajar dan mengasah kemampuan otak.

Hasil studi yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan di University of Birmingham menemukan bahwa menyesap minuman tertentu dapat membantu mempelajari konsep-konsep baru atau memecahkan masalah lebih cepat. Dan minuman ajaib itu adalah cokelat panas.



Melalui studi yang dilakukan oleh para peneliti, mereka mengeksplorasi efek flavonoid yang ditemukan dalam kakao pada fungsi otak orang dewasa yang lebih muda dan sehat.

Penelitian dilakukan pada 18 pria berusia antara 18 dan 40 tahun. Setiap peserta menjalani prosedur yang menantang sirkulasi darah otak, di mana mereka harus menghirup 5 persen karbondioksida.

Konsentrasi gas tersebut 100 kali lebih banyak dari konsentrasi normal karbondioksida di udara. Hal ini meningkatkan konsentrasi karbondioksida dalam aliran darah, yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah hiperkapnia.

Baca Juga: Tingkatkan Fungsi Otak dan Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Lain Teh Kunyit

Proses tersebut dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum meminum kakao dan setelah meminum minuman tersebut. Pada kedua waktu tersebut, para peserta diminta untuk mengambil beberapa tes kognitif, yang berkembang menjadi kompleks.



Akhirnya, ditemukan bahwa orang yang meminum minuman yang dibuat dengan kakao alami kaya flavanol memiliki tingkat oksigenasi darah tertinggi sebagai respons terhadap hiperkapnia.

Tingkat oksigenasi darah mencapai tiga kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang minum minuman kakao yang sudah diproses dan mengandung alkali. Akhirnya, para peserta juga menyelesaikan tugas kognitif kompleks rata-rata 11 persen lebih cepat.

Dari penelitian ini dapat dikatakan dengan jelas bahwa flavanol dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Namun kakao bukanlah satu-satunya bahan pangan dengan produk alami yang kaya akan flavanol.

Mengutip Times of India, beberapa produk makanan yang juga mengandung flavanol antara lain apel, beri, anggur, dan teh hijau yang mengandung flavanol. Satu-satunya pengecualian adalah kandungan flavanol adalah kakao lebih banyak daripada makanan yang disebutkan di atas, yang membuat perbedaan keseluruhan.

Jadi, jika Anda ingin menjadi sedikit lebih pintar, mulailah menikmati cokelat panas buatan sendiri yang kaya flavanol.

Baca Juga: Latih Kemampuan Otakmu dengan Metode ala Sherlock Holmes



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!