alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Benarkah Air Mata Beracun Namun Sangat Bermanfaat? Ini Faktanya

Sri S Syam
Benarkah Air Mata Beracun Namun Sangat Bermanfaat? Ini Faktanya
Sebuah studi tentang air mata menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Sebuah studi tentang air mata menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tetapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa air membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

Air mata mengeluarkan hormon stres yang terdapat di dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkephalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang bdisebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi dan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat ajabi air mata meski mengandung racun;



1. Membantu Penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada mata yang dapat membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh Bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukuplah air mata yang berfungsi sebagai antibiotik. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 peratus bakteria-bakteria yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteria, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan Mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan kadar emosi kerana dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari menangis kerana emosi mengandungi 24 peratus protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengurangkan Stres
Bagaimana menangis bisa mengurangkan stress? Air mata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stress, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stress seperti tekanan darah tinggi.

5. Membina Komunikasi
Selain baik untuk kesihatan fisik, menangis juga membantu seseorang untuk bangun dengan semangat dan azam baru. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya pada teman-temannya atau seseorang yang memberikan bantuan, dan hal ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan lebih tenang.




(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif