alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rusia Tuntut Google Hapus Video Protes Anti-Pemerintah dari Youtube

Tim Sindonews
Rusia Tuntut Google Hapus Video Protes Anti-Pemerintah dari Youtube
Pemerintah Rusia mendesak Google mengapus video protes anti pemerintah Rusia dari platform Youtube. Foto : Istimewa

MOSKOW - Badan pengawas media Rusia menuntut Google segera bertindak menghentikan penyebaran informasi terkait protes massa ilegal. Dilaporkan ribuan saluran Youtube menyiarkan salah satu aksi demonstrasi terbesar anti pemerintahan Rusia pada Sabtu (10/8/2019) pekan lalu.

Dilansir dari laman DW, Senin (12/8/2019), regulator media Rusia, Roskomnadzor, sudah meminta Google untuk menghapus seluruh video penangkapan dan protes anti-pemerintah Rusia di Moskow dari platform Youtube. Rusia mengajukan permintaan itu sehari setelah kejadian.

Roskomnadzor mengatakan pihaknya mengeluh kepada Google perihal beberapa entitas telah memasang iklan di YouTube. Mereka disinyalir mendorong dan menyebarkan informasi tentang protes massa ilegal, termasuk yang bertujuan mengganggu pemilihan umum.



Pihak pengawas media atau komunikasi di Rusia memberikan penegasan, jika Google gagal menanggapi permintaannya, maka pihaknya akan mengganggapnya sebagai campur tangan perihal kedaulatan, provokasi dan gangguan pemilihan demokratis di Rusia.

Roskomnadzor menyebut pemerintah Rusia tentunya memiliki hak untuk bereaksi "secara tepat," katanya, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Protes anti pemerintah Rusia diketahui meletus setelah beberapa kandidat oposisi secara kontroversial ditolak dari pemungutan suara untuk pemilihan dewan Moskow mendatang.

Puluhan ribu warga Rusia memprotes di Moskow pada Sabtu pekan lalu. Mereka mendukung adanya pemilihan umum yang bebas dan adil.

Aksi protes berupa demonstrasi itu sendiri dilaporkan merupakan yang keempat dalam beberapa pekan terakhir. Demonstrasi itu diwarnai kekerasan polisi.

Polisi telah menahan lebih dari 1.300 pemrotes yang ikut serta dalam protes tersebut.

Pemerintah Rusia sendiri memiliki undang-undang yang mewajibkan mesin pencari untuk menghapus beberapa hasil pencarian, mengharuskan aplikasi pesan instan untuk berbagi kunci enkripsi dengan layanan keamanan dan jejaring sosial untuk menyimpan data pribadi pengguna Rusia di server di dalam negeri.

Moskow memiliki rekam jejak menempatkan tekanan regulasi di Google, salah satu saingan utama perusahaan pencarian internet Rusia Yandex.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook